6 Kegiatan Fisik di Rumah yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari

 


Jakarta - Ada banyak kegiatan fisik di rumah yang bisa dilakukan demi menjaga badan tetap fit. Tanpa harus ke gym, kita tetap bisa melakukan olahraga meskipun dengan alat dan fasilitas seadanya.
Dengan rutin berkegiatan fisik, tubuh akan dipaksa untuk terus aktif sehingga sistem metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, aktivitas fisik yang cukup juga baik untuk kesehatan jantung kita.
Lantas, kegiatan fisik seperti apa yang bisa kita lakukan di rumah? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak pembahasan singkatnya melalui artikel berikut ini! 

6 Kegiatan Fisik di Rumah yang Bisa Dilakukan 

Sebenarnya, kita tidak butuh banyak alat atau fasilitas untuk dapat beraktivitas fisik. Cukup menggunakan media tubuh kita sendiri saja sudah banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan. Dikutip dari postingan Instagram Direktorat Promkes dan PM, ada 6 aktivitas fisik yang dapat dilakukan di rumah. Aktivitas tersebut terdiri dari:


1.    Jalan Cepat
Kegiatan fisik di rumah yang pertama adalah melakukan jalan cepat. Aktivitas ini sangat simpel dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Cukup menggunakan alas kaki dan dilakukan di sekitar rumah.
Silakan lakukan kegiatan ini sekitar 30-45 menit setiap harinya. Jika rutin dilakukan, jalan cepat bisa membuat otot kaki lebih kuat, menjaga berat badan tetap ideal, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.


2.    Naik dan Turun Tangga

Jika terdapat tangga di dalam rumah, maka Anda bisa menggunakannya untuk berjalan naik dan turun. Silakan lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 10-15 menit dalam sehari.
Jika aktivitas ini dilakukan secara rutin, maka akan ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat. Salah satunya adalah melatih organ jantung agar tidak mudah lelah saat beraktivitas berat.


3.    Bermain Hula Hoop
Salah satu permainan sekaligus aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan hula hoop. Rutin melakukan olahraga hula hoop cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung.
Olahraga ini juga bisa mengurangi lemak yang ada dalam perut sehingga sangat efektif menurunkan central obesity. Silakan lakukan olahraga hula hoop setidaknya selama 30 menit dalam sehari.


4.    Wall Push Up

Selanjutnya, kegiatan fisik di rumah yang bisa Anda lakukan adalah wall push up. Gerakannya hampir sama seperti push up, hanya saja Anda hanya perlu melakukannya pada tembok.
Kegiatan ini lebih ringan dibandingkan push up, tetapi tetap efektif memperkuat otot bagian lengan. Silakan berdiri sekitar satu meter dari tembok, lalu lakukan gerakan seperti push up pada tembok tersebut.


5.    Squat
Untuk mengencangkan area bokong dan paha, gerakan squat sangat efektif untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan meregangkan kaki sekitar 0,5 meter, lalu menggerakkan tubuh naik dan turun secara bergantian. Nantinya otot paha bagian atas akan berkontraksi hingga terasa berat setelah beberapa kali repetisi. Kegiatan fisik di rumah satu ini bisa Anda lakukan selama dua set dengan satu setnya delapan kali pengulangan.


6.    Jumping Jacks

Terakhir, jumping jacks juga dapat Anda lakukan di rumah tanpa memerlukan peralatan khusus. Olahraga ini sangat berguna untuk memperkuat otot paha, menurunkan berat badan, hingga memperkuat tulang.
Cukup lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan satu setnya dilakukan selama satu menit. Lakukan gerakan ini setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya untuk tubuh.

Membuat badan tetap sehat dan bugar sejatinya tidak perlu biaya yang maha. Anda tidak perlu membayar biaya membership sebuah gym untuk bisa berolah raga. Cukup lakukan kegiatan fisik di rumah sudah sangat membantu.