Dampak Berhenti Merokok untuk Kesehatan Tubuh

berhenti merokok


Jakarta - Dampak berhenti merokok, merupakan dampak positif yang bisa Anda dapatkan. Bagi orang dengan kebiasaan rokok, tentunya stop melakukan hal tersebut menjadi sangat sulit. Hal ini dikarenakan adanya zat yang membuat kecandungan terhadap rokok.
Manfaat berhenti merokok sangat banyak, mulai dari kesehatan tubuh, mengurangi risiko terserang penyakit, serta lainnya. Pada saat stop rokok, efek yang dirasakan bisa terjadi dengan cepat. Kondisi tersebut bisa dilihat pada kesehatan fisik dan juga mental.


Dampak Berhenti Merokok yang Perlu Diketahui

Jika merokok bisa membuat orang merasakan ketenangan sesaat, maka dengan berhenti melakukannya bisa mendapatkan efek ketenangan dalam waktu lama. Ada banyak efek positif yang bisa didapat pada saat stop melakukan kebiasaan tersebut.
Dikutip dari Direktorat P2PTM Kemenkes RI, membutuhkan upaya lebih agar bisa stop rokok. Upaya tersebut memang sangat diperlukan agar tidak lagi kecanduan terhadap rokok.
1. Setelah 2 sampai 6 minggu berhenti merokok, fungsi silia saluran napas dan fungsi paru mengalami perbaikan secara signifikan. Selain itu, napas pendek serta batuk-batuk yang dialami juga semakin berkurang.
2. Setelah 1 tahun berhenti, bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung coroner.
3. Dampak berhenti merokok setelah 5 tahun, risiko terserang stroke menjadi menurun dan mengalami seperti tidak pernah merokok.
4. Setelah 10 tahun, memiliki dampak berkurang setengah dari terkena risiko kanker paru-paru
5. Setelah 15 tahun, mengurangi risiko terserang penyakit jantung coroner seperti orang yang tidak pernah merokok.
6. Setelah 20 menit, membaiknya tekanan dara, denyut jantung, serta aliran darah tepi
7. Dampak berhenti merokok setelah 12 jam, hampir keseluruhan nikotin di dalam tubuh sudah dimetabolisme dengan baik. Tingkat CO di dalam darah juga kembali normal.
8. Setelah 24-48 jam, mengalami peningkatan pada fungsi pengecap, penciuman serta sistem kardiovaskular.
9. Setelah 5 hari, kandungan nikotin di dalam tubuh sebagian besar sudah menghilang.
Dampak Lain Berhenti Merokok

Dengan berhenti rokok, tidak hanya kesehatan tubuh yang mengalami dampaknya secara langsung. Ada dampak lain yang bisa terlihat jelas pada fisik seseorang. Efek tersebut memang terjadi secara jelas pada kondisi fisik orang yang sudah berhenti merokok.

Dampak positif kondisi fisik bagi yang berhenti merokok
1.    Wajah tampak lebih muda dan lebih segar merupakan, dampak berhenti merokok lainnya yang bisa dilihat secara langsung. Hal ini terjadi karena, sirkulasi darah meningkat dengan sangat tinggi.
Kandungan nikotin pada rokok, dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Maka tidak heran kalau perkokok, akan terlihat lebih tua dan tidak segar wajahnya.
2. Meningkatkan kesuburan, bagi para wanita, kebiasaan tersebut bisa mengurangi kesuburan. Maka dari itu, langkah awal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, dampak berhenti merokok bisa mengurangi risiko keguguran serta kelahiran bayi prematur.
3. Meningkatnya sensitifitas pada indera, peningkatan tersebut terjadi pada hampir seluruh indera manusia. Indera yang paling terlihat perubahannya adalah penciuman.
Peningkatan penciuman akan terus meningkat dalam hitungan waktu mingguan. Kandungan nikotin pada rokok, bisa mengurangi vaskularisasi dan mengurangi respon pada saraf.
Melakukan kebiasaan merokok, memang memilik dampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Jika dampak dari seorang yang merokok dapat mengakibatkan stunting pada anak dan kerugian ekonomi.
Dengan mengetahui dampak dari berhenti merokok, tentunya bisa dilakukan dengan cara yang cepat dan tepat. Sehingga, bisa merasakan secara langsung dampak berhenti merokok tersebut.