Lengkap: Cara Mengatasi Insomnia

 

Cara Mengatasi Insomnia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar


Jakarta - Cara mengatasi insomnia merupakan cara yang banyak dicari oleh banyak orang. Insomnia adalah suatu gangguan yang dapat menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur. Gangguan tersebut sangat berpengaruh kepada rutinitas penderitanya besok hari.
Idealnya setiap orang membutuhkan kurang lebih 8 jam untuk beristirahat. Dengan begini, kualitas dari setiap orang akan lebih baik. Selain itu, dengan beristirahat cukup maka dapat membantu kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit. 


Cara Mengatasi Insomnia yang Perlu Diketahui

Secara umum, penyebab insomnia bisa dari berbagai macam hal. Biasanya, penderita insomnia melakukan kebiasaan yang kurang baik, seperti mengkonsumsi kefein atau alkohol sebelum tidur. Dimana dapat berdampak kesulitan untuk beristirahat.

Selain itu, insomnia ternyata juga dapat disebabkan oleh masalah psikologis seseorang. Penyebab tersebut, biasanya disebut dengan gangguan medis. 

Seperti dikutip dari Direktorat Promkes dan PM, ada beberapa tips mengatasi insomnia, di antaranya sebagai berikut. 

   
1. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat membantu untuk cara mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan, setiap melakukan gerakan tubuh dapat merasakan ketenangan serta kenyamanan.
Untuk dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan tersebut, dapat dengan melakukan yoga atau pilates. Dengan begini, akan lebih mudah untuk cepat terlelap.
Selain itu, aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih tenang dan nyaman adalah, membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik. Aktivitas ini memang sudah terbukti mampu membuat tubuh lebih tenang serta nyaman dan dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. 


2. Menghindari Makan dan Minum Sebelum Istirahat

Mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum tidur, dapat membuat tubuh bekerja lebih dari jam kerjanya. Sehingga, dapat membuat Anda kesulitan untuk dapat tidur.
Selain itu, hindari konsumsi makanan dan minuman dengan lemak jenuh tinggi. Hal ini bisa membuat sistem pencernaan akan bekerja lebih berat lagi. Sehingga, Anda akan mengalami kesulitan untuk beristirahat. 


3. Mengurangi Konsumsi Teh dan Kopi

Agar bisa cara mengatasi insomnia dengan baik benar, perlu mengurangi konsumsi teh dan kopi pada malam hari. Mengkonsumsi minuman tersebut pada malam hari, akan membuat tubuh lebih terjaga.
Jika ingin mengkonsumsi minuman tersebut, sebaiknya dilakukan pada sore hari. Pada malam harinya bisa diganti dengan susu atau air putih. 


4.  Tidak Mengkonsumsi Akohol dan Rokok

Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur, bisa membuat tubuh akan lebih terjaga. Maka dari itu hindari mengkonsumi alkohol sebelum tidur. Selain itu, merokok juga bisa membuat Anda mengalami insomnia. Kandungan nikotin pada rokok ternyata bisa membuat Anda kesulitan mengatasi insomnia


5. Mengurangi Menonton TV Atau Berselancar Pada Media Sosial
Pada saat hendak tidur, sebaiknya mengurangi aktivitas menonton tv atau sekedar melihat sosial media. Warna terang pada tv serta smartphone bisa membuat otak semakin aktif dan tubuh tetap terjaga.
Maka dari itu, agar bisa menjaga kualitas beristirahat sebaiknya menghindari aktivitas tersebut. Dengan begini, Anda bisa cara mengatasi insomnia dengan baik dan benar.


6. Melakukan Relaksasi Rutin
Aktivitas relaksasi tentunya bisa membantu tubuh serta otak untuk lebih tenang. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan cara melatih pernafasan.
Melatih pernafasan merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh dan otak merasakan ketenangan dan kenyamanan. Dengan melakukan relaksasi secara rutin, maka bisa terhindar dari insomnia. Sehingga, bisa membuat tubuh lebih fit.
Setiap penderita insomnia tentunya ingin segera mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, perlunya menjaga pola hidup sehat agar bisa cara mengatasi insomnia dengan baik dan benar.