4 Makanan untuk Mood Booster Paling Ampuh

mood bosster

WartaSehat.id | Jakarta - Saat ini banyak jenis makanan untuk mood booster yang bisa membantu memperbaiki suasana hati. Alih-alih melampiaskan bad mood dengan mengonsumsi makanan tidak sehat, Anda bisa mengonsumsi olahan bergizi.
Mengonsumsi olahan tidak sehat saat bad mood dinilai dapat memperburuk suasana hati. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih berbagai makanan sehat sebagai mood booster dengan berbagai kandungan gizi.
Beberapa di antaranya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein, dan berbagai jenis vitamin. Seluruh kandungan tersebut juga dapat bermanfaat untuk metabolisme tubuh.
Dengan mengonsumsi makanan sehat, tidak hanya tubuh Anda menjadi lebih kuat, namun hal tersebut juga bisa mencegah depresi. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan bergizi tinggi untuk meningkatkan mood Anda.


Makanan untuk Mood Booster yang Mudah Didapatkan Sehari-hari
Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat yang dapat menjadi mood booster, Anda bisa mencegah terjadinya depresi. Maka, Anda perlu memahami makanan apa saja yang dapat memberikan manfaat pada suasana hati.
“Dikutip dari akun sosial media Instagram @dit.promkes, bahwa Kemenkes RI mengungkapkan terdapat empat jenis makanan sehat untuk memperbaiki suasana hati yang mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.”
Masalah yang menumpuk dan rutinitas melelahkan tidak jarang membuat suasana hati memburuk. Oleh sebab itu berikut beberapa rekomendasi makanan sehat dari Kemenkes RI untuk memperbaiki mood Anda.


1.    Pisang
Makanan untuk mood booster pertama datang dari jenis buah-buahan manis yaitu pisang. Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan asam amino triptofan hingga vitamin B6 yang baik untuk memperbaiki mood Anda.

Vitamin B6 berperan penting dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin pada tubuh manusia. Hormon serotonin tersebut yang kemudian dapat membantu memperbaiki suasana hati.
Oleh sebab itu, tidak jarang bahwa triptofan banyak digunakan sebagai suplemen. Diantaranya yaitu suplemen untuk mengatasi masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga insomnia.


2.    Coklat Hitam
Makanan untuk mood booster yang kedua adalah coklat hitam. Salah satu jenis olahan yang menjadi favorit banyak orang ini mampu membantu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh manusia.
Hormon kortisol sendiri dihasilkan ketika seseorang mengalami stress. Kemudian, mengonsumsi coklat hitam juga dapat membantu merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin yang bagus dalam memperbaiki suasana hati.


3.    Ikan
Makanan untuk mood booster berikutnya adalah ikan-ikanan. Terdapat berbagai jenis ikan yang baik dalam meningkatkan suasana hati jika sedang kacau. Beberapa di antaranya seperti ikan salmon serta sarden.
Kedua ikan tersebut memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik dalam meningkatkan fungsi otak. Meningkatnya fungsi otak akan membantu Anda menjaga kesehatan fisik serta mental secara bersamaan.


4.    Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dipercaya dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, termasuk pengelolaan depresi seseorang. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan yaitu kacang lentil, polong, buncis, dan lain-lain.
Tidak hanya itu, jika kacang dicampur dengan asupan berserat tinggi lainnya, maka Anda juga bisa menjaga kesehatan usus, karena kandungan probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus.
Kemudian, kacang juga terkenal menjadi sumber tenaga yang baik bagi tubuh karena kaya protein, minyak, dan karbohidrat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, disarankan untuk mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir kacang perminggu.
Seluruh asupan di atas bisa Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa membeli seluruh jenis asupan tersebut di pasar konvensional maupun pasar modern seperti supermarket.
Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal penting bagi manusia. Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, Anda bisa mencoba makanan untuk mood booster yang bisa didapatkan dari mengonsumsi berbagai makanan sehat bergizi.