Gejala Diabetes Melitus Bisa Dilihat dengan Cukup Mudah

gejala diabetes


Jakarta - Gejala diabetes melitus sebenarnya bisa dilihat secara cukup mudah. Oleh karena itu, sangat tepat jika memutuskan untuk segera mengatasi masalah ini. Orang-orang yang pernah mengalami diabetes atau pernah ada keluarga yang mengalami diabetes pasti tahu seberapa bahaya penyakit ini.
Namun masalahnya, mereka yang belum memiliki pengalaman buruk mengenai diabetes sering kali menganggapnya remeh. Perlu diketahui, tidak ada satupun penyakit yang kesannya bisa dibiarkan begitu saja.

Sekecil apapun penyakit, potensi kematian tetap ada jika hanya dibiarkan. Terlebih lagi untuk masalah seperti diabetes. Sudah banyak kasus pada penyakit ini yang berakhir dengan kematian.
Mengenal Diabetes Melitus Secara Lebih Jauh.
Sebelum membahas lebih jauh tentang gejala diabetes melitus, ada baiknya mengetahui dulu tentang penyakit ini. Diabetes sendiri sering disebut kencing manis. Ini adalah kondisi dimana kadar gula pada tubuh sangat tinggi dan sulit terkontrol.
Untuk penjelasannya sendiri, terdapat suatu hormon pada tubuh bernama insulin. Hormon ini berfungsi untuk memecah gula dalam makanan. Perlu diketahui, setiap makanan yang dikonsumsi sendiri memang berpotensi mengandung gula.
Namun masalahnya, ada beberapa orang yang produksi hormon insulinnya mengalami penurunan. Ini tentu tidak bisa dibiarkan. Ketika hormon insulin ini menurun, kadar gula menjadi tidak terkontrol sehingga menyebabkan terjadinya diabetes.


Jika terus dibiarkan, gejala diabetes melitus bisa menjadi semakin berbahaya. Bahkan tidak jarang masalah ini memunculkan penyakit lain yang lebih serius. Contoh penyakitnya seperti jantung, stroke, kebutaan, hingga gagal ginjal.
Diabetes melitus sendiri tipenya terbagi menjadi empat jenis. Pertama adalah diabetes melitus tipe 1. Ini terjadi karena tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin. Ada juga diabetes melitus tipe 2 yang terjadi karena jumlah insulin kurang.
Ada juga tipe diabetes melitus lain bernama gestasional. Ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami kehamilan. Terakhir adalah diabetes tipe lain yang terjadi karena pemakaian obat-obatan dan penyakit lain.
Berikut Berbagai Gejala Diabetes Melitus
Gejala diabetes ini sendiri sebenarnya sangat banyak. Namun secara umum, gejala tersebut terbagi menjadi dua jenis. Kedua jenis tersebut antara lain gejala yang sifatnya utama dan tambahan.
Dikutip dari Kemenkes RI ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit diabetes ini. Di antaranya adalah sebagai berikut ini: 


1.    Gejala Utama
Gejala diabetes melitus tipe pertama adalah yang utama. Hal pertama yang paling menonjol dari gejala ini adalah perilaku poliuri. Untuk Anda yang belum mengetahui, poliuri adalah kondisi dimana seseorang sangat sering buang air kecil.
Lalu ada juga gejala bernama polifagia. Ini adalah kondisi dimana pengidap diabetes merasa cepat lapar. Jangan lupa juga dengan gejala polidipsi. Ini adalah kondisi dimana pengidap diabetes terlihat sering mengalami haus.


2.    Gejala Tambahan

Selain gejala diabetes melitus utama di atas, ada juga beberapa gejala lain yang sifatnya tambahan. Gejala pertama adalah penurunan berat badan. Biasanya penurunan ini terjadi tanpa sebab. Ada juga beberapa orang yang merasa sering kesemutan.
Bahkan pada beberapa kondisi, luka yang dialami menjadi sulit sembuh. Untuk wanita, ada juga efek berupa gatal di area kewanitaan. Bahkan beberapa orang sampai mengalami keputihan. Jangan lupa juga dengan gejala tambahan berupa penglihatan yang sering kabur.
Gejala selanjutnya yang sering terjadi berupa bisul. Biasanya bisul ini sering hilang dan timbul tanpa sebab. Ada juga beberapa orang yang merasa sering mengantuk akibat diabetes. Terakhir, ada juga masalah impotensi yang sering dialami pria.
Pastikan untuk menjaga pola hidup sehat. Terlebih lagi untuk Anda yang mengalami riwayat atau anggota keluarga mengalami diabetes. Jika gejala diabetes melitus muncul, segera periksa ke dokter.