Kesehatan Pada Tubuh Tidak Dilihat dari Gemuk dan Kurus

gemuk atau kurus


WartaSehat.id |  Jakarta - Memiliki kelebihan berat badan, menjadi salah satu penyebab kesehatan pada tubuh bisa terancam. Pernyataan tersebut, membuat banyak orang berfikir kalau berbadan kurus akan lebih sehat.
Hal ini menjadi banyak pertanyaan bagi masyarakat umum, apakah memiliki badan kurus lebih sehat dibandingkan dengan badan gemuk. Pada dasarnya setiap orang bisa terserang penyakit, terlepas dari kondisi tubuhnya kurus ataupun gemuk. 


Cara Mengetahui Berat Badan yang Sehat
Biasanya, orang selalu menilai seseorang itu memiliki fisik yang sehat atau tidak tergantung dari berat badannya. Untuk bisa mengetahui fisik yang sehat, bisa menggunakan cara yang cepat dan mudah. Cara ini dikenal dengan indeks massa tubuh (BMI)
Menggunakan metode tersebut, ternyata tidak bisa memperlihatkan secara jelas persentase lemak tubuh dengan detail. Jika angka BMI lebih besar dari 25, maka dinilai kelebihan pada berat badannya. Tetapi, jika angka BMI mencapai atau lebih dari 30, maka dinilai mengalami obesitas.

Kesehatan tubuh, bisa didapat dengan cara menjaga pola makan serta cukup istirahat. Dengan pola makan sehat, maka sangat mungkin fisik akan lebih sehat. Selain itu, istirahat yang cukup juga menjadi bagian penting dalam menjaga fisik tetap sehat dan fit.
Kesehatan Pada Tubuh dengan Menerapkan Gaya Hidup yang Sehat
Gaya hidup sehat memang menjadi trend pada masa sekarang ini. Hal ini disebabkan, setiap orang mulai peduli dengan kesehatannya. Terlepas dari gemuk atau kurusnya fisik seseorang, gaya hidup sehat memang harus diterapkan agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.
Jika memiliki fisik kurus, tidak merokok, tetapi tidak melakukan aktivitas olahraga dan menjaga pola makan, maka risiko terserang penyakit semakin besar. Dengan cukup berolahraga, maka bisa meminimalisir untuk terkena penyakit jantung.
Gaya hidup sehat tidak terlepas dari mengkonsumsi makanan yang sehat, rajin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Dengan begini, Anda bisa menjaga kesehatan pada tubuh dengan baik dan benar.
Bahaya dari Tubuh Kurus dengan Lemak Berlebih
Pada orang yang memiliki tubuh kurus, biasanya tetap memiliki risiko terhadap serangan penyakit. Hal ini dikarenakan, setiap orang berbadan kurus cenderung berpikiran kalau kesehatan pada tubuhnya baik-baik saja.
Dikutip dari Dinkes Jabar, bahwa pemikiran tersebut, membuat orang yang memiliki fisik kurus menjadi kurang memperhatikan dalam hal mengkonsumsi makanan. Sehingga, bisa membentuk suatu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
Dengan begini, maka tidak heran kalau orang berbadan kurus tetap berisiko terserang penyakit. Pada kondisi tersebut, serangan penyakit yang mungkin terjadi adalah, jantung, sistem kekebelan tubuh menurun, anemia, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. 


Kurusnya Badan Tidak Menjadi Indikator Tubuh Sehat

Bagi sebagian orang dengan tubuh kurus, tentunya merasa minim terserang penyakit. Pada faktanya, fisik kurus ternyata memiliki risiko yang sama dengan tubuh gemuk, yaitu risiko terserang penyakit.
Penyandang obesitas, memang memiliki badan gemuk serta berat badan berlebih. Tetapi, orang dengan badan kurus ternyata bisa memicu obesitas serta mengganggu kesehatan pada tubuh.
Kondisi tubuh kurus dengan kadar lemak tubuh hampir sama dengan penderita obesitas. Biasanya kadar lemak berlebih tersebut terdapat pada area perut. Maka dari itu, orang dengan badan kurus belum tentu lebih sehat dibanding orang berbadan gemuk.
Agar bisa tetap menjaga tubuh sehat, maka perlu memperhatikan pola makan sehat. Dimana dengan menerapkan pola makan sehat, bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit dan bisa membatu menjaga sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, cukup berolahraga serta beristirahat yang cukup juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Maka dari itu, untuk bisa menjaga kesehatan pada tubuh perlu memperhatikan tiga hal tersebut.