Manfaat USG Selama Kehamilan yang Perlu Diketahui

manfaat USG

Jakarta - Manfaat USG selama kehamilan merupakan salah satu pemeriksaan wajib yang banyak dilakukan oleh pasangan suami istri jika ingin mengetahui perkembangan janin. Ini merupakan salah satu teknik pemeriksaan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi.
Dokter akan mengalirkan gelombang suara berfrekuensi tinggi melalui rahim kemudian memantul pada janin. Setelah itu komputer akan terjemahkan pantulan suara tersebut ke dalam bentuk gambar video yang menampilkan bentuk bayi posisi serta gerakannya.


Beberapa Manfaat USG Selama Kehamilan

Ibu bisa melakukan USG pada usia kandungan 6 hingga 10 minggu untuk memastikan kehamilan atau antara minggu ke-16 hingga ke-20 untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Ibu juga disarankan untuk melakukan USG saat menjalani tes genetik.
Pemeriksaan ini biasanya merupakan momen sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri yang tidak sabar untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi. Ada banyak manfaat USG selama kehamilan seperti yang akan Kami jelaskan berikut ini.


1.    Mengetahui Usia Kandungan dan Janin

Dalam istilah medis, kehamilan cukup bulan adalah kehamilan yang berada pada usia antara 37 hingga 41 minggu. Mengetahui usia kehamilan sangat penting dilakukan karena beberapa alasan seperti untuk memastikan bayi berkembang secara normal.
Secara umum usia kandungan akan diverifikasi berdasarkan kapan ibu mengalami menstruasi terakhir untuk mengonfirmasi perkiraan tanggal kelahiran. Selain itu juga untuk memastikan bayi tidak dilahirkan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Selain mengkonfirmasi usia kandungan, manfaat USG selama kehamilan adalah dapat mengetahui usia janin. Teknik ini juga menawarkan tingkat keakuratan yang tinggi dalam memprediksi usia janin dalam rahim ibu hamil.


2.    Untuk Melihat Jenis Kelamin Bayi
Manfaat umum yang sering menjadi tujuan ibu hamil menggunakan teknik USG adalah untuk melihat jenis kelamin dari janin. Melihat jenis kelamin bisa Anda lakukan pada saat usia kandungan memasuki 18 sampai 22 minggu.
Dikutip dari Rsia Tambak pada postingan instagram, usia kandungan yang memasuki 18 minggu, para ahli USG biasanya baru bisa melihat secara jelas jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan.
Namun hal tersebut juga tergantung pada posisi bayi untuk melihat alat kelamin selama pemeriksaan. Tujuan mengetahui jenis kelamin pada bayi dalam kandungan adalah agar orang tua dapat mempersiapkan berbagai macam keperluan si kecil dengan lebih matang. 


3.    Mengetahui Jumlah Bayi dalam Kandungan
Manfaat USG selama kehamilan adalah untuk mengetahui jumlah bayi yang ada di dalam kandungan. Jika selama pemeriksaan kesehatan dokter kandungan mencurigai ibu mengandung lebih dari 1 bayi atau hamil kembar, USG mungkin dilakukan untuk memastikannya.
Kehamilan dengan bayi lebih dari 1 tentu membawa risiko khusus dan harus terus dipantau secara teratur. Komplikasi seperti twin to twin transfusion syndrome dan inkompetensi serviks memerlukan perhatian lebih jika komplikasi ingin dihindari.


4.    Mengetahui Perkembangan Janin dalam Kandungan
Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan teknik ini untuk menentukan apakah janin tumbuh pada tingkat yang normal atau tidak. Melalui pemeriksaan Ultrasonografi, petugas medis akan memantau gerakan pernapasan serta detak jantung bayi.

Jika pertumbuhan bayi tidak seperti yang diharapkan, ini bisa menjadi indikasi ada masalah dengan plasenta atau kesehatan bayi. Agar dapat mengatasi masalah tersebut, dokter kandungan mungkin akan memberikan tindakan medis. 


5.    Mengetahui Posisi Janin Selama Kehamilan
Manfaat USG selama kehamilan adalah untuk mengetahui posisi janin sebelum melahirkan. Sebagian besar bayi memiliki posisi kepala berada dibawah pada akhir trimester ketiga. Namun hal tersebut tidak selalu terjadi.
Saat melahirkan sangat penting untuk mengetahui posisi bayi karena hal tersebut akan mempengaruhi proses persalinan nantinya. Teknik ini dapat mengonfirmasi posisi bayi sehingga penyedia layanan kesehatan dapat mendiskusikan pilihan persalinan yang paling sesuai.
Jangan pernah lewatkan pemeriksaan rutin dan USG agar kehamilan yang sehat dan optimal. Karena berdasarkan penjelasan diatas sudah jelas bahwa banyak sekali manfaat USG selama kehamilan yang dapat diperoleh.