Masalah Kulit Bayi dan Penanganan yang Terbukti Efektif

Jakarta - Masalah kulit bayi jumlahnya sangat banyak. Masalah ini sendiri perlu segera diselesaikan. Jika tidak diselesaikan, masalah tersebut nantinya bisa berbahaya untuk kelangsungan bayi. Namun masalahnya, tidak semua orang memahami masalah ini.
Terlebih lagi untuk mereka yang masih baru menjadi orang tua. Masalah-masalah pada kulit biasanya tidak diketahui. Ini jelas berbahaya karena bayi nantinya akan merasa kurang nyaman. Bahkan hal tersebut bisa berpengaruh terhadap nafsu makan bayi.
Masalah kulit pada bayi sendiri sebenarnya sangat banyak. tetapi kebanyakan masalah sifatnya tidak umum. Jika membahas yang umum, jumlahnya jauh lebih sedikit. Dengan jumlah tersebut, Anda pasti tidak akan kesulitan ketika mempelajarinya.


Masalah Kulit Bayi dan Cara Penanganannya
Jika masih bingung mengenai masalah-masalah tersebut, ulasan ini pasti terasa cocok. Di kesempatan kali ini, akan diberikan pembahasan lebih lanjut mengenai masalah kulit pada bayi dan cara penangannya.
Dikutip dari Halodoc, ada beberapa masalah kulit bayi yang terkesan cukup sederhana.
Itu karena, masalah tersebut hanya dibagi menjadi tiga. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan ketika harus mempelajarinya. Langsung saja berikut beberapa masalah tersebut.


1.    Muncul Jerawat

Masalah kulit bayi pertama yang sering muncul adalah jerawat. Beberapa dari Anda pasti terasa aneh ketika melihat jerawat sebagai masalah kulit pada bayi. Tetapi sebenarnya, ini adalah salah satu masalah paling umum.
Perlu diketahui, jerawat padi bayi sendiri berbeda dengan jerawat pada orang biasa. Jerawat pada bayi berupa benjolan berwarna merah yang sering muncul pada area wajah atau tubuh. Untuk tubuh sendiri, area yang sering terlihat adalah punggung.
Perlu diketahui, masalah jerawat pada bayi sendiri merupakan sesuatu yang sangat umum. Namun masalahnya, hingga sekarang belum diketahui secara pasti penyebab munculnya jerawat tersebut. biasanya jerawat ini akan hilang sendiri dalam beberapa bulan.
Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan terus menjaga kebersihan wajah bayi. Cara terbaiknya sendiri adalah rutin mencuci muka bayi dengan menggunakan air hangat.


2.    Biang Keringat

Masalah kulit bayi berikutnya adalah biang keringat. Sama seperti jerawat, ini juga sering dialami oleh bayi. Popularitas biang keringat sendiri memang lebih tinggi karena masalah ini sangat umum dialami oleh anak-anak.
Biang keringat sendiri biasanya berbentuk seperti ruam kecil. Hanya saja, ruam tersebut berwarna merah, menonjol, dan terasa gatal. Ketika seseorang mengalaminya, sensasi tidak nyaman hingga perih sangat mungkin dialami.

Oleh karena itu, bayi biasanya sering menangis apabila mengalami masalah ini. Ada banyak area di mana biang keringat sering muncul. Contoh areanya seperti pada wajah, punggung, leher, hingga dada.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bayi terhindari dari biang keringat. Pertama, gunakanlah pakaian yang nyaman dan sedikit longgar. Jangan lupa juga untuk menggunakan handuk berbahan katun untuk menyerap keringat. 


3.    Ruam Popok
Ruam popok juga perlu ditambahkan ketika mengulas masalah kulit bayi. Itu karena, ruam popok juga termasuk masalah yang paling umum. Penyebab ruam popok sendiri sangat sederhana. Masalah ini akan terjadi ketika kulit bayi bergesekan dengan popok yang basah.
Sebenarnya, ruam popok sendiri bisa juga disebabkan oleh jamur dan alergi. Untuk ruam popok karena alergi, ini bisa muncul karena tisu, popok, deterjen, hingga lotion.
Untuk mengatasi masalah ini, kulit bayi perlu dibersihkan menggunakan sabun. Hanya saja, sabun yang perlu digunakan harus khusus bayi. Biasanya sabun semacam ini memiliki kandungan kimia ringan dan bisa digunakan tanpa perlu menggosoknya.
Pastikan untuk maksimal ketika merawat bayi. Itu karena, daya tahan tubuh bayi masih belum tinggi. Jika masalah kulit bayi dibiarkan, efeknya bisa semakin besar.