Mencari Cara Mengatasi Stres? Hindari Beberapa Hal Ini

mengatasi stres


Jakarta - Cara mengatasi stres adalah hal yang sekarang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat normal. Itu karena, banyak orang di luar sana yang merasa kesulitan ketika mencoba mengatasi stres.
Normalnya mengatasi stres dilakukan dengan menjalankan beberapa hal. Contohnya seperti berolahraga hingga menjalankan hobi. Namun mengatasi stres tidak bisa dilakukan hanya dengan menjalankan aktivitas baru.

Selain mencoba aktivitas baru, stres juga perlu diselesaikan dengan berhenti melakukan beberapa hal. Itu karena, ada beberapa hal yang ketika dilakukan nyatanya menimbulkan stres. Oleh karena itu, pengetahuan terkait ini sangat penting ketika mengatasi stres.
Cara Mengatasi Stres dengan Menghindari Beberapa Hal
Jika Anda belum mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari sebagai cara mudah mengatasi stres, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa hal yang memang terbukti efektif.
Dikutip dari postingan Instagram Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI, bahwa cara mengatasi stress dengan menghindari 5 hal berikut ini.
Tetapi ingat, semua yang dijelaskan di bawah ini perlu dihindari. Jika hanya menghindari beberapa hal dan tetap menjalankan sisanya, hasil yang didapat pasti tidak maksimal. Oleh karena itu, berikut ulasannya secara lengkap.


1.    Kafein dan Gula
Hal pertama yang perlu dihindari sebagai upaya mengatasi stres adalah kafien dan gula. Kafein dan gula memang terasa menenangkan ketika dikonsumsi saat stres.
Namun keduanya bisa membuat seseorang sulit tidur. Ini jelas menjadi sesuatu yang perlu dihindari. Ketika sulit tidur, masalah stres akan semakin parah dan efeknya bisa sangat berbahaya.


2.    Makan Tidak Teratur
Ketika mengalami stres, tubuh perlu berada pada kondisi prima. Itu karena, stres membuat energi pada tubuh lebih cepat habis. Dengan kondisi ini, cara mengatasi stres yang perlu dilakukan ada menghindari kebiasaan makan tidak teratur.
Kebiasaan ini bisa membuat energi yang terserap menjadi kurang maksimal sehingga memunculkan banyak masalah lain. Sebenarnya makan tidak teratur juga menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

 
3.    Alkohol dan Narkoba
Alkohol dan narkoba dijadikan media pelampiasan oleh beberapa orang ketika mengalami stres. Kondisi ini bisa diwajarkan mengingat alkohol dan narkoba sendiri bisa membuat seseorang melakukan masalah stres tersebut dalam beberapa waktu.
Perlu diketahui, masalah ini tidak bisa dibiarkan. Itu karena, alkohol dan narkoba bisa menyebabkan seseorang ketergantungan. Nantinya akan ada masalah baru yang tercipta apabila keberadaannya tidak bisa dipenuhi.
Sebenarnya alkohol dan narkoba sendiri bukan menghilangkan stres. Ketika dikonsumsi, stres hanya akan terlupakan sementara dan nantinya akan kembali dengan intensitas yang lebih berat dan berkepanjangan.


4.    Teman dan Keluarga
Beberapa orang memang menjadikan teman dan keluarga sebagai media untuk mengatasi stres. Itu karena, teman dan keluarga bisa memberikan support yang membantu untuk mengatasi stres.
Namun patut diakui kalau kondisi ini tidak selalu terjadi. Ada beberapa kondisi dimana teman dan keluarga justru memicu munculnya stres.
Oleh karena itu, ini juga perlu diperhatikan dalam cara mengatasi stres. Anda perlu mencoba menjauhi teman dan keluarga lalu mencoba berbicara dengan orang lain.


5.    Komputer dan TV

Komputer dan TV memberikan banyak informasi baru. Selain itu, komputer dan tv juga menyebabkan mata kelelahan. Dengan kondisi tersebut, sangat mungkin stres yang dialami seseorang justru akan membesar.
Oleh karena itu, penting untuk menghindari komputer dan tv sebagai cara dalam mengatasi stres. Selain itu, perhatikan juga kalau sosial media termasuk dalam hal yang perlu dihindari.
Mengatasi stres sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Tetapi intinya, Anda perlu konsisten ketika mencoba mengatasinya. Jika upaya yang dilakukan tidak maksimal, cara mengatasi stres di atas pasti tidak membuahkan hasil optimal.