Mengetahui Cara Mencegah Diabetes yang Paling Tepat

 


Jakarta - Cara mencegah diabetes tidak hanya penting diperhatikan oleh mereka yang sudah memasuki usia tua saja. Anak muda juga perlu menyadarinya karena ada beberapa faktor yang membuat penyakit ini bisa terjadi.

Selain faktor keturunan, penyakit diabetes juga bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan juga obesitas. Sementara kita tahu bahwa faktor-faktor tersebut bisa dimiliki oleh mereka yang masih muda.
Dengan menyadari adanya faktor-faktor tersebut, kita bisa lebih waspada dengan menjalankan pencegahan secara maksimal sehingga risiko penyakit berbahaya ini bisa dihindari ke depannya.


Apa Saja Faktor Utama Risiko Diabetes?
Pada umumnya, penyakit Diabetes Melitus (DM) dapat dipicu oleh beberapa faktor. Dikutip dari video QnA di Instagram Kemenkes RI, Wamenkes dr. Dante Harbuwono menyebutkan ada dua faktor utama risiko diabetes.
Pertama adalah faktor keturunan yang bisa berasal dari kedua orang tua, kakek, ataupun nenek. Kedua, faktor risiko diabetes juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas.
Cara mencegah diabetes pada seseorang dengan kedua faktor risiko tersebut bisa dilakukan dengan rutin memeriksa kadar gula darahnya. Hal itu bertujuan untuk mendeteksi penyakit ini sedini mungkin.Lebih lanjut, dr. Dante Harbuwono juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki ayah atau ibu pengidap diabetes, maka risikonya terkena penyakit tersebut tiga kali lebih besar dibanding orang normal.

Jika kedua orang tuanya sama-sama memiliki riwayat diabetes, maka orang tersebut sepuluh kali lipat berisiko terkena diabetes. Apabila kedua orang tuanya terkena diabetes sedari muda, maka risikonya terkena penyakit ini akan lebih besar lagi.

Cara Mencegah Diabetes yang Perlu Anda Ketahui
DM adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa mengakibatkan komplikasi ke berbagai organ. Maka dari itu, upaya pencegahan harus dilakukan terutama bagi mereka dengan faktor risiko tersebut.
Ada tiga cara mencegah diabetes yang bisa dilakukan oleh seseorang, terutama bagi mereka yang sudah masuk kategori prediabetes. Menurut dr. Dante Herbuwono, tiga cara tersebut meliputi:


1.    Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Salah satu faktor utama pencegahan penyakit DM adalah menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini secara tidak langsung akan menghindarkan seseorang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
Obesitas di sini tidak hanya dilihat secara umum saja, tetapi lebih berfokus pada central obesity. Hal itu bisa dilihat dari ukuran lingkar perut seseorang. Idealnya, perempuan tidak boleh lebih dari 80 cm, dan laki-laki tidak boleh lebih dari 90 cm.


2.    Rutin Melakukan Aktivitas Olahraga
Melakukan aktivitas olahraga secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes yang cukup ampuh. Olahraga sendiri sangat efektif untuk mengontrol gula darah tetap normal.
Anda bisa melakukan olahraga lari, bersepeda, berjalan kaki, atau olahraga lain yang Anda sukai. Ketika berolahraga, detak jantung akan berdetak lebih kencang, otot juga akan menggunakan glukosa lebih banyak dalam darah.


3.    Menjaga Pola Makan
Selanjutnya, Anda juga bisa menjaga pola makan yang sehat sehingga jumlah kalori dalam tubuh dapat dikendalikan. Beberapa di antaranya adalah dengan memperbanyak sayur-sayuran, serta mengurangi karbohidrat dan lemak. Menjaga pola makan sehat juga menjadi salah satu cara menjaga berat badan tetap ideal. Tentukan juga aktivitas apa yang akan dikerjakan sehingga kalori masuk bisa diperhitungkan dan tidak menyebabkan penumpukan.
Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga sehingga kita harus menjaganya di saat masih sehat. Sebelum terlambat, Anda bisa mengikuti cara mencegah diabetes di atas agar penyakit tersebut dapat dihindari.