Mengetahui Penyakit Karena Obesitas yang Perlu Diketahui

Bahaya obesitas

Jakarta - Penyakit karena obesitas jumlahnya sangat banyak. ini tentu menjadi hal yang sangat berbahaya. Itu karena, penyakit-penyakit yang muncul tersebut bukan hal kecil yang bisa diselesaikan dalam waktu cepat.
Bahkan ada beberapa penyakit yang keberadaannya berpotensi menyebabkan kematian. Obesitas sendiri menjadi masalah umum pada masyarakat Indonesia. Itu karena, ada banyak orang yang mengalami obesitas dan membiarkannya begitu saja.
Memang kebanyakan masih berada pada obesitas tahap ringan. Oleh karena itu, efeknya belum begitu terasa dan aktivitas masih bisa dijalankan secara normal. Namun jika dibiarkan, ada banyak masalah yang mungkin muncul akibat hal ini.


Berikut Daftar Penyakit Karena Obesitas

Jika Anda belum mengetahui daftar penyakit penyerta obesitas, ini adalah tempat yang tepat. Disini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Ulasan ini sendiri dikutip dari postingan instagram yang dirilis oleh kemenkes RI.
Dikutip dari postingan Instagram Direktorat Promkes dan PM, bahwa ada beberapa penyakit karena obesitas yang wajib untuk Anda ketahui.
1.    Jantung dan Stroke
Penyakit awal yang bisa muncul karena obesitas adalah jantung dan stroke. Perlu diketahui, orang yang mengalami obesitas memiliki potensi empat kali lebih besar mengalami jantung koroner dibanding orang biasa.
Nantinya berat badan lebih tersebut bisa menimbulkan munculnya LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, ini juga menurunkan kadar kolesterol baik pada tubuh. Untuk munculnya stroke ini, ini berhubungan dengan penumpukan lemak yang terjadi.
Ketika lemak menumpukan pada tubuh, potensi terjadinya peradangan akan membesar. Normalnya peradangan ini akan terjadi pada jaringan tubuh. Hal tersebut nantinya bisa menimbulkan penyumbatan darah dan memunculkan stroke.


2.    Diabetes

Penyakit karena obesitas berikutnya adalah diabetes. Ketika seseorang mengalami obesitas, cara tubuh mengendalikan insulin akan mengalami perubahan. Padahal insulin perlu dikendalikan secara maksimal. Keberadaannya berfungsi untuk mengontrol gula darah.
Ketika insulin ini tidak dikontrol dengan baik, gula darah seseorang akan meningkat. Selain meningkatkan kadar gula darah, kadar asam lemak dan peradangan juga akan meningkat.
Jika terus dibiarkan, resistensi insulin bisa saja terjadi. Nantinya resistensi insulin tersebut bisa menyebabkan munculnya diabetes tipe 2. Bahkan jika terus dibiarkan, ini akan semakin buruk.


3.    Obstructive Sleep Apnea
Penyakit karena obesitas berikutnya yang penting untuk diketahui adalah obstructive sleep apnea. Untuk Anda yang belum mengetahui, obstructive sleep apnea berhubungan dengan masalah pada pernapasan. Nantinya pernapasan bisa berhenti berulang kali.
Normalnya henti napas ini terjadi ketika pengidap sedang tidur. Sebenarnya obstructive sleep apnea sendiri berhubungan dengan kadar lemak berlebih pada tubuh. Itu karena, kadar lemak tersebut berpotensi mengganggu saluran pernapasan.

Bahkan bukan tidak mungkin jalan napas akan semakin sempit. Ada banyak ciri-ciri yang memperlihatkan seseorang mengalami sleep apnea. Cirinya seperti tidur mendengkur, insomnia, terengah-engah saat tidur, hingga kantuk di siang hari.

4.    Kanker
Penyakit karena obesitas berikutnya yang sering terjadi adalah kanker. Perlu diketahui, kanker yang bisa timbul sebagai obesitas sangat banyak. Contoh penyakitnya seperti kanker rahim, leher rahim, ovarium, payudara, dan masih banyak lagi.
Untuk penjelasannya, mereka yang mengalami obesitas akan mengalami masalah akibat lemak. Itu karena, lemak tersebut dapat membuat sel khusus untuk melawan kanker terganggu. Nantinya ini menimbulkan sel kanker berkembang bebas.
Sebenarnya masih banyak penyakit lain yang muncul karena obesitas. Contohnya seperti masalah asma, hati, kandung empedu, ginjal, prostat, varises, hipertensi, dan osteoarthritis. Ini menjadi bukti kalau penyakit karena obesitas sangat banyak.