Olahraga Yang Baik untuk Kesehatan Otak

olahraga untuk kesehatan otak

Jakarta - Olahraga untuk kesehatan otak dapat dilakukan untuk menjaga kondisinya tetap sehat dan mampu berfungsi secara optimal. Otak merupakan sistem saraf pusat yang memiliki peran penting dalam kendali tubuh.
Sistem saraf ini yang membuat manusia mampu melakukan berbagai aktivitas seperti mengingat, berjalan, bernapas, berpikir dan aktivitas lain. Organ ini juga memiliki peran dalam mengirim sinyal supaya organ lain dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.


Beberapa Olahraga untuk Kesehatan Otak
Sejumlah olahraga yang biasa dilakukan ternyata tidak hanya baik dalam meningkatkan kesehatan fisik namun juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan otak Anda. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan aktivitas fisik mampu menjaga organ ini tetap sehat dan bekerja optimal.
Dengan berolahraga akan membuat saraf-saraf baru organ dalam kepala terbentuk sehingga mencegah Anda mengalami gejala demensia atau kepikunan. Berikut ini Kami jelaskan beberapa olahraga untuk kesehatan otak.


1.    Berlari Olahraga Sederhana dan Simple
Bagi Anda yang memiliki hobi berlari, ternyata aktivitas ini merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa berlari dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru.
Pertumbuhan sel-sel baru ini terjadi pada bagian hipokampus. Di organ dalam kepala, bagian ini memiliki peran penting dalam membentuk ingatan seseorang. Dengan regenerasi sel-sel yang baik akan dapat membantu menjaga organ dalam kepala tetap sehat.


2.    Bersepeda dapat Membantu Kesehatan Otak
Selain berlari, olahraga untuk kesehatan otak selanjutnya adalah bersepeda. Beberapa studi menunjukkan bahwa dengan bersepeda dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen dari jantung menuju ke organ dalam kepala.
Dengan meningkatnya aliran darah dan oksigen ke organ kepala akan membantu pertumbuhan sel-sel baru menjadi lebih optimal. Dengan bersepeda ke alam bebas tidak hanya membantu untuk menjaga otak tetap sehat, namun juga dapat menjadi lebih tenang.


3.    Olahraga Berenang
Berenang juga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu kinerja otak. Berenang akan meningkatkan kerja jantung, paru-paru dan darah untuk mengangkut lebih banyak oksigen. Dengan begitu pasokan darah dan oksigen menuju kepala juga akan semakin meningkat.
Dikutip dari RSP Otak Nasional M.Mardjono, berenang juga dapat membantu mengaktifkan saraf-saraf halus yang ada di seluruh tubuh. Saraf-saraf halus yang telah aktif dapat meningkatkan kinerja otak.


4.    Olahraga Ketenangan Yoga
Selain tiga rekomendasi olahraga di atas, Yoga juga merupakan salah satu olahraga untuk kesehatan organ dalam kepala. Yoga dilakukan dengan latihan intensitas rendah yang baik untuk tubuh dan pikiran. Beberapa penelitian juga telah banyak membuktikannya.
Salah satunya adalah peneliti dari Harvard yang mengungkapkan bahwa rutin olahraga yoga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Yoga dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan fokus sehingga otak dapat bekerja dengan optimal.


5.    Olahraga Non-fisik
Selain dengan aktivitas fisik, Anda dapat mengasah kinerja organ dalam kepala dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain. Banyak saat ini permainan yang dikenal sebagai olahraga otak dan cukup efektif seperti catur atau scrabble.
Selain itu permainan seperti teka teki silang, puzzle dan sudoku juga dapat menjadi olahraga untuk kesehatan otak. Jika Anda ingin berlatih dengan bermain teka teki silang atau puzzle, disarankan untuk meningkatkan kesulitan serta membuat strategi baru.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan otak dalam memecahkan masalah terutama kinerja otak kiri. Sedangkan monopoly, game komputer, dan catur bermanfaat untuk membantu mengasah kinerja otak kanan untuk berpikir kreatif.
Selain berbagai aktivitas fisik dan permainan, pola makan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjaga kinerja otak. Dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga untuk kesehatan otak, Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.