Proses Kelahiran Semakin Dekat Ditandai Beberapa Ciri-ciri



Jakarta - Proses kelahiran semakin dekat sering menjadi tanda tanya terutama bagi para ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Memperhatikan tanda-tanda akan melahirkan merupakan hal penting bagi para ibu hamil agar dapat mempersiapkan diri.
Persalinan tentu merupakan momen yang menegangkan namun sekaligus membahagiakan bagi para ibu hamil. Sebelum waktu bersalin tiba, para ibu akan mengalami tanda sebelum melahirkan yang umum muncul dalam beberapa hari atau minggu sebelum persalinan.


Ciri-ciri Proses Kelahiran Semakin Dekat
Dikutip dari RSIA Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, salah satu tanda kuat yang menunjukkan bahwa proses persalinan semakin dekat adalah saat janin mulai masuk panggul.
Janin mulai memasuki panggul saat usia kehamilan mencapai 33-36 minggu. Namun ada sebagian ibu yang baru mengalami kondisi ini di detik-detik menjelang proses persalinan. Berikut ini beberapa ciri-ciri atau tanda proses kelahiran semakin dekat.


1.    Merasakan Nyeri pada Bagian Panggul
Tanda pertama yang umum terjadi menjelang proses kelahiran adalah nyeri pada bagian panggul. Saat kehamilan memasuki trimester akhir, para ibu hamil akan sering merasakan nyeri pada bagian panggul.
Nyeri ini terjadi disebabkan posisi janin sudah semakin turun ke bawah mendekati jalan keluar lahir. Namun saat nyeri yang dirasakan semakin menjadi dan terjadi setiap hari, hal tersebut dapat dipastikan merupakan tanda janin sudah memasuki panggul.


2.    Lebih Sering Buang Air Kecil
Tanda berikutnya yang menjadi ciri proses kelahiran semakin dekat adalah lebih sering berkemih. Pada minggu-minggu menjelang proses persalinan, biasanya ibu hamil akan lebih sering mengalami buang air kecil.
Pada minggu-minggu menjelang proses tersebut, posisi janin yang mulai menekan perut bagian bawah akan membuat saluran kemih ikut bereaksi. Gejala ini akan semakin sering terjadi ketika janin sudah memasuki panggul.


3.    Mengalami Keputihan
Keputihan juga dapat menjadi salah satu tanda atau ciri bahwa proses persalinan sudah dekat. Saat janin memasuki panggul, ia juga akan mulai semakin menekan bagian leher rahim. Hal tersebut mengakibatkan sumbat lendir pada bagian rahim menghilang.

Karena sumbat lendir pada bagian rahim menghilang, maka keputihan akan semakin terasa banyak pada akhir trimester ketiga. Oleh karena itu tidak mengherankan para ibu hamil akan mengalami keputihan menjelang proses kelahiran semakin dekat.


4.    Kontraksi Mulai Teratur

Tanda yang juga sering muncul saat janin mulai masuk panggul adalah kontraksi mulai teratur. Kondisi dimana kontraksi mulai teratur atau semakin kuat dapat menunjukkan bahwa posisi janin sudah semakin ke bawah dan mendekati jalan lahir.


5.    Muncul Flek Darah
Ciri selanjutnya yang dapat menandai bahwa persalinan sudah dekat adalah muncul flek darah. Saat janin memasuki panggul dan waktu persalinan akan tiba, ibu juga akan sering mengalami flek darah.
Warna dari flek darah bisa bervariasi mulai dari merah muda, merah gelap hingga kecoklatan. Muncul flek darah juga sering disertai dengan pecah ketuban atau keluar cairan bening dalam jumlah sangat banyak.

 
6.    Mengalami Pembukaan Serviks
Ciri-ciri yang menjadi tanda bahwa proses kelahiran semakin dekat adalah pembukaan serviks. Awal pembukaan serviks ini ditandai dengan pembukaan sebesar 1 sampai 3 centimeter dan pembukaan dapat terus meningkat hingga pembukaan lengkap.
Cepat atau lambat proses pembukaan serviks ini tergantung dari masing-masing individu serta kondisi ibu hamil. Ada ibu hamil yang mengalami pembukaan serviks sangat cepat, namun ada juga yang mengalami pembukaan serviks lambat.
Mengetahui tanda-tanda akan melahirkan sangat penting bagi para calon ibu terutama jika berencana melahirkan secara normal. Dengan mengetahui tanda bahwa proses kelahiran semakin dekat akan membuat para calon ibu lebih siap dalam menghadapi persalinan.