Tips Mencegah Demam Berdarah yang Terbukti Efektif

demam berdarah

Jakarta - Tips mencegah demam berdarah sekarang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini merupakan sesuatu yang penting. Itu karena, demam berdarah adalah penyakit yang sangat berbahaya. Risikonya bahkan bisa menimbulkan kematian.

Jika melihat pada kondisi masyarakat, ada banyak orang yang kurang peduli terkait masalah ini. Penanganan demam berdarah sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, setiap orang di masyarakat perlu memiliki kesadaran akan pentingnya hal ini. Apabila kesadaran tersebut tidak dimiliki, akan sulit untuk mengatasi masalah demam berdarah. Secara keseluruhan, demam berdarah sendiri memang tidak pandang umur. Setiap orang jika tidak hati-hati berpotensi terkena demam berdarah.

Berikut Tips Mencegah Demam Berdarah
Jika Anda sedang mencari tahu tips untuk mencegah demam berdarah, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa tips yang bisa diikuti. Tips ini sendiri terbukti efektif.

Dikutip dari Instagram Direktorat Promkes dan PM bahwa ada 6 cara yang dapat dilakukan untuk mencegah demam berdarah.

1.    3M
Tips mencegah demam berdarah pertama adalah 3M. 3M adalah singkatan dari menguras, menutup, dan mendaur ulang. Menguras disini berkaitan dengan genangan air yang ada di rumah. Nantinya genangan air tersebut bisa menjadi tempat pertumbuhan nyamuk.
Dengan mengurasnya, pertumbuhan tersebut akan berhenti sehingga potensi penyakit akan menurun. Jika beberapa area sulit dikuras, menutup area tersebut juga bisa dilakukan. Hanya saja, pastikan tidak ada lubang yang memungkinkan nyamuk keluar masuk.
Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mendaur ulang sampah-sampah yang menumpuk. Itu karena, sampah-sampah tersebut bisa menjadi tempat tinggal nyamuk. Ini juga perlu dilakukan untuk barang-barang yang sudah lama ada di gudang.


2.    Pasang Kelambu
Kelambu juga bisa menjadi opsi berikutnya dalam tips mencegah demam berdarah. Kelambu ini bisa dipasang pada tempat tidur. Ini membuat Anda tetap aman dari kemungkinan gigitan nyamuk.
Selain kelambu, penting juga untuk menutup ventilasi dan jendela menggunakan kain kasa. Proses penutupan tersebut memperkecil kemungkinan nyamuk dari luar masuk.


3.    Repellent
Tips selanjutnya yang tidak kalah penting berhubungan dengan penggunaan repellent atau obat oles anti nyamuk. Produk semacam ini sudah banyak dijual. Oleh karena itu, Anda bisa langsung membeli dan menggunakannya saat tidur.
Salah satu tips menggunakan repellent berhubungan dengan aromanya. Pilihlah repellent yang memiliki aroma nyaman. Biasanya aroma yang nyaman sendiri berbeda-beda untuk setiap orang.


4.    Pakaian Panjang 

Pakaian panjang ini perlu dipikirkan baik dalam menggunakan baju maupun celana.
Ketika menggunakan pakaian panjang, nyamuk akan sulit untuk menyebarkan penyakit. Ini membuat kemungkinan masalah akibat nyamuk menjadi semakin kecil.


5.    Gantungan Pakaian

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk berupa sering menggantungkan pakaian di kamar. Perlu diketahui, gantungan pakaian tersebut bisa menjadi tempat pertumbuhan nyamuk.
Oleh karena itu, hindari kebiasaan menggantungkan pakaian. Kalaupun ingin menggantungnya, simpan di luar ruangan yang memiliki udara terbuka.


6.    Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi opsi terakhir untuk mencegah demam berdarah. Tanaman pengusir nyamuk sendiri tipenya ada banyak. contohnya seperti sereh, lavender, zodia, dan masih banyak lagi.


Inti dari upaya mencegah demam berdarah adalah konsistensi. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda sudah konsisten dalam menerapkan setiap poin di atas. Patut diakui, di luar sana ada banyak pribadi yang tidak konsisten. Orang semacam ini awalnya mengikuti tips di atas. Namun setelah dirasa aman, tips mencegah demam berdarah malah dilupakan.