Dosen Pendidikan Biologi UHAMKA Ajarkan Soft Skill ke Siswa SMA Muhammadiyah Cipanas

 


Warta Sehat | Cipanas - Tempe merupakan salah satu makanan yang berasal dari bahan baku kedelai yang mengalami fermentasi menggunakan Rhizopus spp. Tempe memiliki kandungan protein nabati yang baik untuk pemenuhan nutrisi di dalam tubuh manusia. Tempe mempunyai khasiat bagi manusia mengkonsumsinya seperti memperlancar pencernaan, mencegah dan mengendalikan diare, serta menurunkan kadar kolestrol.

Menurut ketua tim pengabdian kepada masyarakat Dosen UHAMKA, Mayarni, S.Pd., M.Si Peserta diajarkan keterampilan dalam proses pembuatan tempe dengan beberapa tahapan, di antaranya: perendaman, penggilingan, pencucian, perebusan, pendinginan, penambahan ragi, pengemasan dan fermentasi. 

Pembuatan tempe termasuk bioteknologi konvensional (sederhana) karena memanfaatkan mikroorganisme secara utuh dalam proses fermentasi. Oleh karena itu, secara langsung peserta mengimplementasi materi bioteknologi di mata pelajaran Biologi SMA.”lanjut, Mayarni  
Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Dosen UHAMKA dengan  ketua ibu Mayarni, S.Pd., M.Si (Prodi Pendidikan Biologi), dengan anggota tim Dr. Rizkia Suciati, M.Pd (Prodi Pendidikan Biologi) dan bapak Mushoddik, M.Pd (Prodi Pendidikan Geografi). Sasaran dalam pelatihan ini siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Cipanas berjumlah 30 orang. 

Pak Asep selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Cipanas berterima kasih atas kehadiran dosen UHAMKA Jakarta yang bersedia melakukan pelatihan ke siswa SMA Muhammadiyah Cipanas. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi siswa dalam pembuatan tempe sehingga pada setelah lulus sekolah bisa membuka usaha sendiri.