Pelatihan Pengenalan Tumbuhan dengan Penggunaan Aplikasi Plant This Pada Guru Biologi SMP dan SMA Muhammadiyah Cipanas

aplikasi Picture This Plant

 

Berita Acara: Pelatihan Pengenalan Tumbuhan dengan Penggunaan
Aplikasi Plant This Pada Guru Biologi SMP dan SMA
Muhammadiyah Cipanas Kabupaten Cianjur Dalam
Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah

Warta Sehat - Pada hari Kamis tanggal 3 bulan Agustus tahun 2023 telah dilaksanakan pelatihan pengenalan tumbuhan menggunakan aplikasi “Picture This” oleh dosen dari program studi Pendidikan Biologi UHAMKA, yaitu Dra.Maryanti Setyaningsih, M.Si., Dr.Susanti Murwitaningsih M.Pd., dan Agus Pambudi Dharma, M.Si. Kegiatan dibuka pada pukul 10.30 WIB oleh MC Chairani Sholihah dengan membacakan lafadz basmalah dan menyampaikan maksud serta tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah SMA dan SMP Muhammadiyah Cipanas kepada para dewan guru. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Asep Mamad Nawawi, S.Ag., selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah Cipanas. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Susanti Murwitaningsih, M.Pd selaku dosen pendidikan biologi UHAMKA. 


Pukul 10.40 WIB oleh Ibu Rizkia Suciati, M.Pd., memaparkan materi tentang “Pelatihan Pengenalan Tumbuhan dengan Penggunaan Aplikasi Plant This”. Aplikasi Picture This Plant adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna mengidentifikasi tanaman. Dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan kecerdasan buatan (AI). Cara kerja Picture This Plant cukup sederhana. Setelah pengguna mengambil foto atau mengunggah gambar tanaman yang ingin diidentifikasi, aplikasi akan menganalisis ciri-ciri tanaman tersebut seperti bentuk daun, bunga, batang, dan lain – lain. Kemudian, berdasarkan analisis tersebut, aplikasi akan mencocokkan dengan database tanaman yang luas untuk menemukan kemungkinan jenis tanaman yang paling cocok. Setelah selesainya pemaparan oleh Ibu Rizkia Suciati M.Pd., kegiatan dilanjutkan dengan mempraktikkan cara kerja aplikasi tersebut. Selama praktiknya guru – guru sangat antusias dengan ikut men-download aplikasi Picture This Plant di play store secara gratis pada smartphone pribadinya. Beberapa mahasiswa dari pendidikan biologi pun turut membantu guru – guru untuk dapat men-download aplikasi tersebut, karena kondisi sinyal yang kurang stabil menyebabkan beberapa guru terutama guru senior mengalami kendala dalam mempraktikkannya, namun kendala tersebut tidak berlangsung lama.


Salah satu dosen, yaitu ibu Susanti Murwitaningsih, M.Pd., membawakan sampel berupa tumbuhan kembang sepatu dan buah apel untuk dianalisis dan diidentifikasi oleh guru – guru. Setelah guru – guru memperoleh hasil analisis dan identifikasi dari tumbuhan dan buah yang di fotonya, mereka begitu senang karena aplikasi tersebut ternyata bukan hanya memberikan informasi tentang klasifikasi ilmiahnya saja, tetapi juga menyertakan keterangan berupa; fakta – fakta kunci tumbuhan, karakteristik tanaman, distribusi, dll. 

Selanjutnya, pada pukul 11.10 diakhir kegiatan Ibu Rizkia Suciati, M.Pd., membuka sesi tanya jawab oleh guru, yakni “Apa yang membedakan aplikasi ini dengan google lens ya Bu?” kemudian Ibu Rizkia Suciati, M.Pd menerangkan bahwa aplikasi Picture This Plant memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan google lens, yaitu diantaranya; aplikasi ini secara spesifik dan detail memberikan informasi terkait tumbuhan yang telah difoto dan aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis pada app play store. Selain itu, tumbuhan yang telah di foto dan teridentifikasi oleh aplikasi ini akan secara otomatis tersimpan pada ikon “tanaman saya” sehingga untuk selanjutnya tumbuhan tersebut tidak perlu difoto lagi dan bisa langsung mengeceknya pada fitur tersebut. Kemudian, pada pukul 11.25 kegiatan dialihkan kepada MC Chairani Sholihah untuk melanjutkan pelatihan dengan tema berikutnya.