Mengetahui Gejala Penyakit Kanker Paru Serta Pencegahannya

kanker paru


Jakarta - Penyakit kanker paru, merupakan pertumbuhan sel abnormal yang terjadi pada paru-paru. Jenis penyakit ini, ternyata sangat umum terjadi di Indonesia.
Secara umum, gangguan satu ini menjadi penyebab pertama kematian akibat kanker pada penderita pria dan wanita. Hal ini tentu menjadi permasalahan serius mengingat penyebab gangguan tersebut dipicu oleh kebiasaan merokok.


Mengenal Penyebab Kanker Paru-Paru
Gangguan satu ini, memang sering terjadi karena kebiasaan merokok. Akan tetapi, gangguan satu ini juga bisa menyerang pada orang yang tidak merokok. Biasanya sering terpapar polusi udara, atau tinggal di area tercemar oleh zat yang membahayakan.
Penyakit kanker paru juga bisa disebabkan oleh anggota keluarga dengan riwayat penderita gangguan tersebut. Pada saat penderita mengalami gejala pada tahap awal, penyakit ini tidak langsung muncul.
Dikutip dari Promkes Dinkes Kota Jogja, gejala akan muncul pada saat gangguan sudah terbilang cukup besar atau tersebar pada jaringan organ sekitar. Gejala awal yang sering kali muncul dari gangguan ini adalah, batuk kronis, sesak napas, batuk berdarah, serta terasa nyeri pada bagian dada. 


Mengetahui Jenis Kanker Paru-Paru

Setiap gangguan tentu memiliki jenisnya, hal ini juga terdapat pada gangguan satu ini. Pada umumnya gangguan ini memiliki dua jenis.
Jenis dari penyakit kanker paru tersebut, tentunya ada yang memang sering terjadi dan ada juga yang jarang terjadi pada masyarakat. Agar lebih jelas bisa disimak jenis kanker paru berikut ini.
1. Kanker Paru non-small cell
Salah satu jenis kanker yang sering terjadi pada masyarakat adalah kanker paru non-small cell. Kasus penyakit ini mencapai angka 87% penyebarannya.
2. Kanker Paru Small Cell
Jenis gangguan tersebut, memang terbilang jarang terjadi. Pada jenis kanker ini, bisa menyebar dengan sangat cepat. Pada umunya, penyebab gangguan paru small cell ini terjadi karena kebiasaan merokok.
Pada masyarakat Indonesia, tingkat kebiasaan merokok sangat tinggi. Maka tidak heran kalau banyak masyarakatnya terserang penyakit kanker. Selain itu, aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat jarang dilakukan, sehingga langkah awal pencegahannya sangat kurang. 


Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru

Mengobati penyakit kanker ini, bisa dengan menggunakan berbagai cara. Hal ini juga tergantung dari kondisi penderita serta tingkat keparahan dari penyakit tersebut. Keparahan dari suatu kanker biasanya sering dikenal dengan istilah stadium.

Biasanya, langkah awal untuk mengobati penyakit kanker paru tersebut dengan cara melakukan operasi. Jika kanker paru terebut sudah mencapai stadium lanjutan, maka diperlukan pengobatan dengan cara radioterapi dan kemoterapi. 

Untuk mencegah penyakit tersebut, bisa dengan cara mengurangi kebiasaan merokok atau menghindari asap rokok. Jika Anda terserang penyakit satu ini, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin.
Selain itu, berolahraga menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit kanker paru tersebut. Tidak cukup dengan berolahraga saja, pola makan sehat serta istirahat yang cukup juga menjadi hal penting dalam upaya pencegahannya. 

Memiliki tubuh sehat serta bugar, menjadi hal penting bagi setiap orang. Dengan fisik yang kuat serta sistem kekebalan tubuh bagus, maka bisa mencegah dari terserang penyakit. 

Maka dari itu, perlunya menjaga pola makan sehat, berolahraga secara rutin, serta istirahat cukup, sangat membantu untuk bisa terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, bisa membuat tubuh lebih fit serta produktif dalam setiap rutinitas.
Upaya pencegahan tersebut mesti dilakukan secara rutin dan maksimal. Maka tidak heran kalau upaya tersebut dilakukan, bisa terhindar dari segala macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker paru.