Bahaya Kurang Tidur dan Tips Istirahat Berkualitas

kurang tidur

Warta Sehat | Jakarta - Bahaya kurang tidur menjadi salah satu permasalahan kesehatan perlu diperhatikan. Sebab, hampir seluruh orang remaja dan orang dewasa mengalami hal tersebut. Terutama bagi manusia di usia produktif dengan kesibukan dan rutinitas cukup padat.
Faktanya hal tersebut menjadi salah satu hal umum dan telah berubah jadi kebiasaan buruk untuk dihindari. Meski demikian kesehatan merupakan hal paling penting diatas segalanya. Maka dari itu Anda perlu untuk menjaga pola istirahat dengan sebaik-baiknya.
Hal tersebut tentunya akan berkaitan dengan kesehatan nantinya. Hal ini akan memiliki beberapa pengaruh cukup buruk dalam kesehatan dan daya tahan tubuh. Beberapa kondisi khusus dampaknya bisa sangat mematikan.


7 Macam Bahaya Kurang Tidur yang Wajib Diketahui
Dikutip dari akun instagram resmi @p2ptmkemenkesri, terdapat informasi yang dibagikan pada postingan Instagramnya mengenai 7 ancaman akibat kurang istirahat bagi manusia.
Riset menyebutkan bahwa pada usia 12 hingga 18 tahun remaja membutuhkan waktu istirahat 8-9 jam. Sedangkan untuk orang dewasa adalah 7-8 jam per harinya. Maka dari itu, waktu istirahat yang sedikit dapat menyebabkan beberapa dampak bahaya kurang tidur.

1.    Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh
Tubuh manusia bukanlah robot dan terbuat dari mesin sehingga tidak mengenal waktu istirahat. Bahkan mesin pun ketika tidak memiliki waktu istirahat sama sekali pasti akan mengalami konsleting. Hal tersebut karena mesinnya yang telah panas.
Maka dari itu, hal ini juga berlaku pada tubuh manusia, yang notabene lebih lemah dibandingkan mesin. Maka dari itu, dengan tidak menjaga porsi istirahat cukup Anda secara langsung akan memperburuk kondisi kesehatan dan menimbulkan penyakit lain.


2.    Hilang Konsentrasi Belajar
Dalam belajar manusia memerlukan konsentrasi agar pelajaran dapat diserap dengan baik oleh otak. Namun otak ketika dalam kondisi lelah tidak dapat berjalan dengan baik. Sehingga otak manusia tidak mampu memproses ingatan yang telah dipelajarinya.
Hal ini menjadi salah satu bahaya kurang tidur untuk diketahui semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Porsi istirahat yang cukup akan sangat membantu dalam proses belajar.


3.    Kulit Terlihat Lebih Tua
Penuaan dini dapat terjadi karena tubuh memiliki waktu istirahat yang kurang. Hal tersebut tentunya didapatkan karena tidur yang tidak teratur. Sebab, ketika istirahat tubuh manusia akan memproduksi kolagen dengan fungsi membuat kulit menjadi elastis dan lembab.


4.    Munculnya Obesitas

Dampak negatif berikutnya adalah munculnya beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah obesitas. Saat manusia kurang memiliki waktu istirahat, maka tubuh akan memproduksi hormon ghrelin sebagai hormon lapar secara berlebihan.


5.    Stress yang Meningkat

Tidur adalah hal utama yang wajib dipenuhi oleh manusia. Sebab ketika seseorang kurang tidur dapat memicu terjadinya stress tersebut. Hal tersebut dikarenakan pengaturan perilaku, emosi, dan tidur merupakan satu kesatuan dan berkaitan.


6.    Sering Lupa

Selanjutnya adalah permasalahan pada daya ingat dan mengganggu otak untuk bekerja. Seseorang yang kurang tidur tidak dapat menggunakan fungsi otak secara maksimal. Hal tersebut karena sulitnya seseorang mengambil fokusnya.


7.    Hilang Fokus Ketika Berkendara

Terakhir adalah kehilangan fokus ketika berkendara. Hal tersebut karena kurangnya istirahat dan akan berpengaruh pada kepala yang sakit. Sehingga akan sangat berbahaya bagi orang dengan kekurangan waktu istirahat untuk menyetir.


Tips Terhindar dari Bahaya Kurang Tidur dengan Menerapkan Pola yang Tepat

Istirahat melalui tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sebenarnya bersifat mutlak. Hal tersebut berarti porsinya tidak bisa ditolerir sebab telah disesuaikan dengan waktu tubuh untuk melakukan recovery energi.
Maka dari itu, untuk menghindari bahaya kurang tidur, berikut tips agar memiliki tidur malam berkualitas.
Pertama adalah menghindari kafein, alkohol dan tidur pada kamar yang nyaman. Selanjutnya adalah melakukan aktivitas menenangkan sebelum tidur seperti membaca buku maupun berlatih pernapasan.
Lalu wajib bagi Anda untuk mematikan alat elektronik dan mengikuti jadwal tidur untuk meningkatkan kemungkinan bisa tidur. Hal tersebut dipercaya mampu mengatasi bahaya kurang tidur.