Bahaya Penyakit Hipertensi Jika Dibiarkan dan Gejalanya

Bahaya Penyakit Hipertensi Jika Dibiarkan dan Gejalanya

WartaSehat.id | Jakarta - Tidak sedikit orang yang belum tahu mengenai bahaya penyakit hipertensi jika dibiarkan terus-menerus tanpa diobati dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Hipertensi adalah kondisi di mana terjadi tekanan darah tinggi.
Perlu Anda ketahui jika penyakit hipertensi ini bisa menyebabkan berbagai macam Komplikasi penyakit dan bisa menjadi salah satu penyebab dari kematian. Oleh karena itu, hipertensi tidak bisa dipandang sebelah mata dan harus ditangani dengan cara yang tepat.
Untuk penyebabnya sendiri, sangat bermacam-macam salah satu yang sangat umum yaitu adalah pola hidup yang tidak sehat seperti misalnya makan sembarangan.


Bahaya Penyakit Hipertensi Tidak Terkontrol
Sepertinya sudah dikatakan sebelumnya jika hipertensi ini merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi penyakit.
Dikutip dari laman Instagram resmi kemerdekaan Republik Indonesia, berikut beberapa penyakit berbahaya yang bisa disebabkan karena penyakit hipertensi tidak terkontrol.
1.    Penyakit jantung
2.    Gangguan otak
3.    Stroke
4.    Penyakit ginjal
5.    Gangguan syaraf
6.    Penyakit pembuluh darah tepi
7.    Kerusakan retina


Ada banyak sekali bahaya penyakit hipertensi yang sudah tidak terkontrol dan ini juga berakibat pada kematian jika tidak ditangani dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, tempat tinggal Anda harus menjaga pola hidup sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.
Sebagai informasi tambahan bahwa sebagian orang yang mengidap penyakit hipertensi harus mengonsumsi obat seumur hidupnya. Akan tetapi biasanya ini juga disesuaikan dengan kondisi seseorang tersebut.

Jika memang penyakit hipertensi berangsur membaik maka penggunaan obat bisa dikurangi. Sangat penting bagi Anda juga untuk mempertimbangkan berbagai macam efek samping yang harus dirasakan ketika mengonsumsi obat hipertensi.

Gejala-Gejala Ketika Terkena Penyakit Hipertensi
Setelah mengetahui bahaya penyakit hipertensi, Anda juga harus mengetahui berbagai macam gejala yang dirasakan ketika terkena hipertensi. Dikutip dari Instagram Kemenkes RI, berikut kami sajikan beberapa gejala-gejala yang bisa menandai bahwa Anda terkena penyakit hipertensi.


1.    Sakit kepala dan pusing
Salah satu tanda umum seseorang yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi yaitu mudah merasa sakit kepala dan pusing.  Akan tetapi, tidak serta merta Ketika Anda sakit kepala itu disebabkan oleh darah tinggi.
2.    Jantung berdebar-debar dan rasa sakit di dada
Gejala selanjutnya yaitu adalah jantung berdebar-debar dan rasa sakit di dada. Sangat penting bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ketika merasa jantung berdebar-debar atau sakit dalam waktu yang cukup lama.
3.    Perasaan gelisah
Gelisah juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda mengidap penyakit hipertensi. Karena bahaya penyakit hipertensi tidak boleh diremehkan, Anda harus melakukan pengecekan jika terlalu sering merasa gelisah tanpa sebab yang jelas.
4.    Penglihatan kabur
Seseorang yang terkena penyakit hipertensi juga biasanya akan mengalami penglihatan kabur. Ini merupakan salah satu gejala umum yang terjadi ketika seseorang mengidap penyakit hipertensi.
5.    Mudah lelah
Ketika Anda merasa terlalu mudah lelah mungkin saja yang menyebabkan oleh penyakit hipertensi. Walaupun begitu Anda juga perlu mengingat kembali aktivitas yang dilakukan pada saat itu apakah memang terlalu berat atau tidak.
Orang-orang yang jarang bergerak, sering merokok, tidak bisa mengelola stres memiliki risiko lebih besar untuk terkena bahaya penyakit hipertensi.