Faktor Gagal Ginjal Kronis dan Cara Mengatasinya

 

gagal ginjal kronis


WartaSehat.id | Jakarta - Faktor gagal ginjal kronis ada berbagai macam, oleh karena itu Anda harus senantiasa akan menjaga pola hidup yang sehat. Sekarang ini ada banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga kurang memperhatikan kesehatan tubuh.
Padahal sejatinya kesehatan adalah hal yang pertama. Karena jika Anda sakit sudah tentu tidak bisa beraktivitas atau tidak bisa bekerja. Dan mungkin saja Anda harus mengeluarkan uang yang sangat besar ketika mengalami penyakit gagal ginjal kronis.
Ini merupakan penyakit yang sangat serius dan harus ditangani dengan segera dan menggunakan tenaga yang profesional. Karena jika tidak ditangani dengan baik mungkin saja bisa mengakibatkan sesuatu yang sangat fatal seperti misalnya kematian.

Inilah Faktor Gagal Ginjal Kronis
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsi utama dari ginjal yaitu adalah menyaring limbah dan juga kelebihan dari dalam darah.
Faktor gagal ginjal kronis ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor yang bisa diubah dan juga faktor yang tidak bisa diubah. Yang dimaksud faktor tidak bisa diubah yaitu penyebab risiko yang memang bawaan bukan dikarenakan aktivitas atau pola hidup yang tidak sehat.
Berikut kami sajikan faktor risiko penyebab gagal ginjal yang dikutip dari Instagram resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

1.    Faktor gagal ginjal kronis yang bisa diubah
Salah satu hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal kronis yaitu adalah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula dan ini seringkali menjadi musuh orang-orang yang sudah berusia lanjut.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Menu merupakan salah satu hal yang bisa menjadi penyebab utama terjadinya gagal ginjal kronis.
Salah satu faktor gagal ginjal kronis yang sepertinya jarang diketahui oleh orang-orang yaitu tentang mengonsumsi obat pereda nyeri. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati atau tidak terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri.
Para pengguna narkoba juga memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit ginjal ginjal kronis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari narkoba karena memang sangat berbahaya.


2.    Faktor gagal ginjal kronis yang tidak bisa diubah
Jika Anda memiliki beberapa penyakit bawaan yang memang tidak bisa diubah ini memang cukup sulit untuk diatasi. Jika ada anggota keluarga yang terkena penyakit ginjal maka Anda juga memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena penyakit gagal ginjal.
Kelahiran prematur juga menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika memiliki beberapa penyakit tertentu seperti misalnya Lupus, AIDS, Hepatitis C, dan lain sebagainya.


Cara Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis
Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit gagal ginjal adalah mengobati terlebih dahulu penyebabnya. Seperti yang sudah kami, sebutkan di atas bahwa ada berbagai macam hal yang bisa meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal kronis.
Selain itu, Anda juga harus berusaha mengobati beberapa komplikasi yang ada untuk membuat seseorang yang terkena penyakit gagal ginjal menjadi merasa lebih nyaman.  Karena, beberapa penyakit komplikasi dapat membuat kondisi tubuh semakin buruk.
Untuk pengobatan penyakit ginjal stadium akhir Anda bisa datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mulai sekarang Anda harus membiasakan pola hidup yang sehat Apalagi kita Anda memiliki faktor gagal ginjal kronis yang cukup besar.