Kasus Covid-19 Kembali Naik Masyarakat Diimbau Tetap Waspada


WartaSehat.id | Jakarta - Masyarakat indonesia harus lebih waspada karena dalam kurun satu minggu terakhir, terjadi kenaikan kasus COVID-19 di 30 provinsi di Indonesia. Pada level nasional, selama empat hari terakhir terjadi peningkatan kasus sekitar 4.700 – 4.900 kasus dan tercatat sebanyak 12 kasus COVID-19 varian XBB ada di Indonesia.

Disebutkan Varian XBB lebih cepat untuk menularkan walaupun gejalanya lebih ringan dibandingkan varian lainnya. Masyarakat harus terus mengedepankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai masker, dan melakukan tes apabila mengalami tanda dan gejala COVID-19. Selain itu juga menyegerakan vaksinasi booster COVID-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap COVID-19.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), menghimbau masyarakat yang sedang menjalankan isolasi mandiri, segera memanfaatkan layanan telemedisin dari Kemenkes RI yang dapat diakses melalui laman isoman.kemkes.go.id

Layanan telemedisin ini dinilai sangat membantu untuk masyarakat dalam mendapatkan perawatan yang maksimal. Kini obat dari telemedisin juga bisa diambil sendiri oleh orang tua atau kerabat pasien yang isoman ke Apotek Kimia Farma yang telah ditentukan, jadi tidak perlu lama menunggu pengiriman.