Pengertian Mata Minus Beserta Penyebab dan Cara Mencegahnya

penyebab dan cara pencegahan mata minus

WartaSehat.id | Jakarta - Tidak sedikit orang yang belum mengetahui pengertian mata minus atau Myopia. Padahal mata minus ini menjadi salah satu hal yang seringkali menjadi masalah bagi banyak orang.
Penyakit mata minus sendiri bisa datang kepada siapa saja baik anak muda maupun orang tua. Walaupun mungkin orang dengan usia lanjut memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena mata minus.
Walaupun begitu dibalik itu juga anak-anak muda yang mungkin kurang bisa menjaga kesehatan mata sudah mengalami mata minus ketika usia muda. Untuk faktornya sendiri bisa dikarenakan faktor genetik atau juga karena kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat.


Pengertian Mata Minus yang Harus Diketahui

Sepertinya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang ingin mengalami masalah pada mata. Karena mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting untuk manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.
Mata minus biasa juga disebut sebagai myopia. Dilansir dari Instagram resmi Kemenkes RI, pengertian mata minus yaitu seseorang yang bisa melihat dengan jelas dalam yang dekat akan tetapi buram ketika melihat pada jarak yang jauh.

Mata minus diakibatkan oleh pertumbuhan bola mata lebih cepat daripada yang seharusnya. Perkembangan mata minus akan lebih cepat jika itu terjadi kepada seseorang yang masih dalam masa pertumbuhan atau anak-anak.

Penyebab Terjadinya Mata Minus Atau Myopia
Setelah mengetahui pengertian mata minus kami akan memberitahu Anda beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya mata minus.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika mata minus ini bisa disebabkan oleh berbagai macam. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit mata minus dikutip dari laman Instagram resmi Kemenkes RI:


1.    Genetik atau keturunan
Jika orang tua Anda terkena mata minus salah satunya maka Anda memiliki kemungkinan jika 3x lebih besar untuk terkena mata minus. Sedangkan jika kedua orang tua memiliki mata minus maka kemungkinan Anda terkena mata minus 6x lebih besar.
Oleh karena itu, ketika Anda memiliki orang tua yang memiliki mata minus sebaiknya harus berhati-hati dalam beraktivitas dan menjaga pola hidup yang sehat. Ini sangat penting supaya Anda bisa tetap menikmati penglihatan yang baik.


2.    Lingkungan
Dari pengertian mata minus tentunya Anda bisa lebih waspada jika tidak ingin mengalami gangguan pada penglihatan. Selain faktor genetik atau keturunan, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya mata minus.
Contohnya saja seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di depan laptop memiliki kemungkinan lebih besar. Aktivitas di depan layar laptop atau gadget ini memang harus diperhatikan dengan baik.


Cara Mencegah Terjadinya Mata Minus Atau Myopia
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mata minus. Dikutip dari laman resmi Instagram Kemenkes RI, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mata minus.
Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu adalah sesegera mungkin terjadi myopia atau mata minus kemudian gunakan kacamata. Ketika Anda bekerja dengan menggunakan komputer sebaiknya perhatikan posisi duduk yang baik dan juga bicarakan mata yang cukup.
Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan kebiasaan buruk seperti misalnya menggunakan Gadget sebelum tidur. Beraktivitas di luar gedung atau di luar ruangan terbuka bisa mengurangi risiko terkena penyakit mata minus.
Dari pengertian mata minus Anda mungkin akan menyadari bahwa ini merupakan penyakit yang akan sangat mengganggu, untuk itu wajib menjaga kesehatan mata.