Tetap Sehat pada Musim Hujan, Ini Tipsnya

 

Tips sehat pada musim hujan


Warta Sehat | Jakarta - Berbagai upaya harus dilakukan agar menjaga tubuh tetap sehat pada musim hujan. Bulan Oktober 2022 ini memang negara Indonesia sedang mengalami musim ini. Hujan datang dengan tidak menentu, kadang siang atau bisa juga di malam hari.

Agar siap untuk menghadapi musim ini, kita perlu memperhatikan beberapa hal supaya tetap sehat. Karena biasanya manusia cenderung akan mudah jatuh sakit pada musim ini atau ketika pergantian musim. Berikut telah kami rangkum beberapa tips untuk Anda. Tips ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercegah terkena penyakit.


Tips Agar Tetap Sehat pada Musim Hujan
Ketika cuaca sedang kurang baik, biasanya tubuh menjadi lebih rentan dan rawan untuk terserang penyakit. Misalnya seperti flu, demam, masuk angin, dan penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa tips agar tubuh tetap sehat pada musim hujan. Tips-tips di bawah ini yang dikutip dari akun Instagram Direktorat Promkes dan PM:


1. Pakai Baju Hangat
Baju adalah salah satu kebutuhan setiap manusia yang digunakan setiap harinya. Pakaian dapat membantu menjaga suhu tubuh. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, terutama pada musim ini.

Agar tetap sehat pada musim hujan, Anda disarankan untuk menggunakan pakaian tebal atau hangat seperti sweater atau jaket. Pakaian hangan tersebut dapat menjaga tubuh Anda dari udara dingin. Sebaiknya Anda hindari penggunaan baju tipis dan transparan. Apalagi jika beraktivitas di luar ruangan atau outdoor dengan cuaca tidak menentu.


2. Sedia Payung atau Jas Hujan
Tips selanjutnya adalah dengan menyediakan payung atau jas hujan. Kedua hal tersebut dapat Anda persiapkan ketika hendak ke luar rumah.

Walau ketika Anda ingin pergi keluar, cuaca tampak cerah, sebaiknya payung atau jas hujan tetap dibawa. Hal itu disebabkan karena cuaca pada musim ini tidak menentu, sehingga bisa saja tiba-tiba hujan turun tanpa diduga. Agar tetap sehat pada musim hujan, sebaiknya Anda tidak kehujanan. Oleh sebab itu, pastikan sedia payung sebelum hujan.


3. Jaga Kebersihan
Untuk mengeliminasi sarang penyakit di sekitar Anda, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Ketika hujan turun, bukan tidak mungkin sampah dapat terbawa dan menjadi bersarang di lingkungan Anda.

Selain itu, pastikan juga untuk mencuci tangan sebelum makan. Tangan adalah salah satu medium yang dapat membawa penyakit ke dalam tubuh kita. Supaya tetap sehat, pastikan Anda sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika kedua hal tersebut tidak tersedia, Anda juga bisa membawa serta menggunakan hand sanitizer.


4. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C adalah vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi vitamin C agar tetap sehat pada musim hujan seperti ini. Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan, seperti jeruk, kiwi, ceri, dan lainnya. Atau Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen.


5. Mandi Usai Kehujanan
Tips terakhir adalah dengan mandi setelah terkena hujan. Ketika Anda kehujanan, suhu tubuh akan berubah drastis sehingga penyakit dapat dengan mudah datang dan muncul ke dalam tubuh.

Setelah mandi dan keramas, Anda akan menstabilkan temperatur rendah tersebut dan mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal secara bertahap. Mandi ini dapat membantu dalam hal pencegahan terjadinya infeksi. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika cuaca atau musim mulai beralih. Hal tersebut dilakukan agar tubuh terhindar dari penyakit. Anda dapat menerapkan tips-tips di atas supaya dapat tetap sehat pada musim hujan.