Tips Mencegah Obesitas yang Wajib Diketahui, Dijamin Ampuh

obesitas

Warta Sehat | Jakarta - Tips mencegah obesitas merupakan rangkaian cara dan langkah yang wajib diketahui oleh masyarakat. Hal ini agar masyarakat memiliki bentuk tubuh ideal terhindar dari obesitas dan tentunya memiliki tubuh sehat dan kuat.
Meski banyak orang menyepelekan masalah berat badan. Namun menjaga berat badan sebenarnya bukan hanya terbatas pada penampilan enak dilihat saja. Lebih dari itu, ukuran tubuh yang terlalu besar cenderung tidak sehat.
Hal tersebut nantinya akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh manusia. Sehingga, untuk terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang wajib bagi masyarakat menjaga berat badan dengan pola hidup sehat.


Deretan Tips Mencegah Obesitas Dijamin Ampuh dan Berhasil
 

Obesitas merupakan sebuah kondisi di mana lemak menumpuk pada tubuh manusia memiliki jumlah yang sangat banyak. Hal tersebut disebabkan oleh kalori yang masuk di dalam tubuh manusia terlalu banyak dan tidak bisa dibakar seluruhnya.
Keadaan ini dapat meningkat menjadi masalah kesehatan serius, seperti diabetes, hipertensi, dan jantung. Dilansir dari akun Instagram resmi @p2ptmkemenkesri, tips mencegah obesitas sebagai berikut:

1.    Model Piring T
Perlu diketahui bahwa faktanya model piring yang digunakan dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan membiasakan maka menggunakan model piring makan berbentuk T.
Hal tersebut bisa didapatkan dengan model setengah piring untuk sayuran, setengah lagi dibagi menjadi 2 bagian seperempat. Selanjutnya bagian tersebut akan diisi oleh nasi dan lauk ketika makan.

2.    Membatas Konsumsi Makanan Tidak Sehat
Tips mencegah obesitas kedua adalah dengan menerapkan metode pembatasan. Di sini Anda harus benar-benar menyaring model makanan, yang masuk pada perut Anda. Silakan untuk membatasi konsumsi jenis-jenis lemak trans dan juga gorengan.
Sebab makanan tersebut termasuk tidak sehat dan akan sangat cepat menaikkan berat badan. Sebaliknya, silakan untuk memperkaya pengetahuan mengenai camilan sehat lainnya.

3.    Menerapkan Jadwal Makan
Mencegah obesitas bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru hal tersebut tidak boleh dilakukan sebab akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Sebagai manusia memerlukan energi, yang bisa diperoleh melalui makanan tersebut.
Oleh sebab itu, langkah terbaiknya adalah dengan menerapkan jadwal makan yang teratur. Sedangkan individu perlu mematuhi jadwal tersebut dengan mengikutinya. Terapkanlah porsi sedikit namun lebih sering atau pagi, siang, selingan, dan makan malam.


4.    Hindari Miras dan Merokok
Tanpa disadari oleh masyarakat kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko obesitas pada tubuh manusia. Maka dari itu, silakan untuk menghindari kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya terbaik terhindari obesitas.

5.    Target Aktivitas
Tips mencegah obesitas tanpa diselingi olahraga tentu kurang valid. Sebab, selain menginginkan tubuh ideal namun juga harus sehat dengan olahraga tersebut. Buatlah target secara terukur dengan melakukan aktivitas fisik setiap harinya.
Hal tersebut tentunya dapat membuat tubuh lebih sehat dan membakar kalori di dalam tubuh. Sebagai contoh yang bisa Anda lakukan adalah jalan santai 10.000 langkah dalam setiap harinya.

6.    Mengindari Soda
Anda dapat mengonsumsi minuman soda sesekali saja dan jangan dijadikan kebiasaan sebagai minuman sehari-hari. Sebab, soda mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi. Hal tersebut tentunya tidak sehat karena hanya gula dan kafein di dalam kandungannya.

Maka dari itu, di dalam soda terdapat kandungan kalori sebanyak 250 tanpa adanya nutrisi maupun mineral sama sekali. Kondisi inilah yang membuat minuman bersoda dapat memicu terjadinya obesitas.

7.    Batasi Konsumsi Jus Buah
Hampir semua orang berpendapat bahwa jus buah merupakan oalahan minuman sehat bagi tubuh manusia. Namun, ketika porsinya berlebihan hal tersebut justru akan memicu munculnya risiko obesitas pada tubuh.
Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu untuk mengonsumsi jus buah dalam jumlah yang wajar. Hindari konsumsi setiap hari apalagi ketika ditambahkan dengan gula dan beberapa bahan lainnya.
Menjaga tubuh tetap sehat merupakan tanggung jawab masing-masing orang. Sebab hanya diri sendirilah yang mampu merasakan ketidaknyamanan pada tubuh sendiri. Sedangkan tips mencegah obesitas hanya dapat memberikan informasi terkait cara pencegahannya.