Apa Itu Kanker Payudara dan Penerapan Gaya Hidup Cerdik

 



Warta Sehat | Jakarta - Apa itu kanker payudara menjadi sebuah momok mematikan bagi semua orang. Hal tersebut karena penyakit ini menyerang semua jenis gender tidak terkecuali. Sehingga semua orang berpotensi untuk terkena jenis penyakit yang satu ini.
Meskipun bagi perempuan memiliki risiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan laki-laki. Maka dari itu, hal ini perlu menjadi perhatian serius semua masyarakat. Memiliki pengetahuan dan pengenalan jenis penyakit ini sangat diperlukan.
Perlu diketahui bahwa hal ini menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Sedangkan di dunia menjadi salah satu perhatian khusus karena sangat mematikan. Maka dari itu untuk informasi lengkapnya adalah sebagai berikut.


Apa Itu Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai
Kanker payudara ini merupakan salah satu jenis cancer, yang menyerang pada jaringan pada bagian payudara. Hal tersebut dapat terjadi karena pembentukan sel di bagian jaringan payudara tumbuh secara tidak terkendali.
Kondisi ini diperparah ketika sel tersebut bisa mengambil alih jaringan payudara sehat. Sehingga menimbulkan daerah sekitarnya terbentuk kelenjar kanker tersebut. Dilansir dari radio kesehatan https://www.instagram.com/p/Ckr_nSMsTlq/ disebutkan, Ida Budi Gunadi Sadikin, selaku penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan RI memberikan penjelasan seputar kanker payudara bertujuan agar masyarakat lebih aware terhadap hal tersebut.
Hal ini dilaksanakan juga bertepatan dengan peringatan bulan kesadaran payudara, yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Dalam kesempatan ini beliau juga ikut menjelaskan faktor penyebab dan pentingnya deteksi dini pada penyakit tersebut.
Sehingga setelah mengetahui apa itu kanker payudara, masyarakat dapat melakukan deteksi dini dengan baik. Salah satu hal yang ditekankan oleh bu Ida dalam siarannya adalah pentingnya melakukan gaya hidup Cerdik.

Gaya hidup ini penting untuk membantu masyarakat dalam memiliki gaya hidup sehat dan berkualitas. Sehingga Anda sendiri juga tidak akan memiliki peluang terkena PTM, yang berbahaya lainnya.

Penerapan Gaya Hidup Cerdik yang Wajib Diketahui Masyarakat
Melalui penjelasan diatas maka Anda sudah mengetahui apa itu kanker payudara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit tersebut perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut membuat masyarakat perlu peduli terhadap kesehatan payudaranya.
Lantas apa itu hidup cerdik? Dilansir dari p2ptm Kemenkes RI yaitu:

1.    “C” untuk Cek Kesehatan Berkala
Hal ini menjadi penting untuk dilakukan setelah Anda mengetahui apa itu kanker payudara. Maka pengecekan kesehatan secara rutin dapat membantu individu dalam mengetahui kondisi tubuhnya secara rutin.
Bentuk pengecekannya dapat berupa tekanan darah, tinggi badan, lingkar perut, maupun denyut nadi, selain itu masyarakat juga mampu melakukan pengecekan pada kadar kolesterol maupun gula darah dengan teratur.

2.    “E” Enyapkanlah Asap Rokok
Perlu diketahui pada masyarakat bahwa asap rokok memiliki risiko tinggi untuk masyarakat dapat terkena kanker payudara. Maka dari itu satu paket setelah mengetahui apa itu kanker payudara, maka Anda juga harus mengetahui faktor penyebabnya.

3.    “R” Rajin Melaksanakan Olahraga
Olahraga adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk menyehatkan badan. Selain itu, hal ini untuk melakukan pencegahan dari terjadinya penyakit kardiovaskuler yang berbahaya. Maka dari itu, tubuh memerlukan olahraga secara rutin minimal 30 menit.

4.    “D” Diet Sehat
Hal ini sebagai salah satu upaya agar tubuh memiliki berat badan ideal dan terhindar dari obesitas. Sebab, obesitas adalah salah satu faktor yang menyebabkan tingginya risiko seseorang terkena kanker payudara.

5.    “I” Istirahat dengan Porsi Cukup
Istirahat adalah kebutuhan mendasar bagi semua orang. Sebab tubuh manusia perlu istirahat untuk memiliki energi lagi. Maka dari itu pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu minimal 7 hingga 8 jam.

6.    “K” Kelola Stres dengan Baik
Stres adalah salah satu faktor yang memberikan potensi pada penyakit kardiovaskuler. Maka dari itu selain tubuh yang sehat juga diperlukan pikiran yang fresh dan positif. Oleh sebab itu, manusia perlu menghindari kondisi satu ini.
Kanker payudara adalah penyakit yang cukup mematikan. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian semua orang. Selain itu gaya hidup cerdik juga menjadi informasi penting untuk disandingkan dengan pengetahuan mengenai apa itu kanker payudara.