Dampak Buruk Merokok bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

 

rokok merusak paru-paru

Warta Sehat | Jakarta - Dampak buruk merokok sangat merugikan kesehatan tubuh manusia secara umum. Bukan hanya tubuh perokoknya saja yang sakit, tetapi juga orang-orang di sekelilingnya juga ikut menderita penyakit.
Kanapa bisa seperti itu? Anda sekalian harus mengetahui informasinya lebih detail agar dapat mengantisipasi hal tidak diinginkan terutama untuk kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan ada banyak bahan kimiawi berbahaya terkandung di dalam rokok.


Mengenal Dampak Buruk Merokok untuk Diri Sendiri dan Orang Lain 

Sudah sedikit disinggung di mukadimah perihal asap rokok yang merugikan kesehatan tubuh baik perokoknya maupun orang di sekelilingnya. Istilahnya adalah perokok aktif dan perokok pasif.
Perokok aktif adalah orang yang mengkonsumsi rokok atau merokok dan mengisap asap rokoknya untuk kepuasan sendiri. Sementara itu, perokok pasif adalah orang yang bukan perokok, tetapi menghisap asap rokok yang dihembuskan oleh perokok aktif.
Hal tersebut bisa terjadi karena perokok pasif berada dekat atau di sekitar orang yang sedang merokok. Jika asap rokoknya dihisap hingga ke dalam paru-paru sama saja meracuni tubuh dengan berbagai zat kimawi berbahaya.
Jadi, perokok aktif dan pasif sama-sama merugi karena menghisap asap rokok yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan tubuhnya. Dimana asap rokok dapat mengakibatkan penyakit stroke dan serangan jantung.
Seperti dikutip dari Kemenkes RI pada https://www.instagram.com/p/CffnixUvLff/ khususnya untuk perokok aktif bisa cepat merusak giginya serta memiliki bau mulut yang tidak sedap.
Bahkan, mereka yang sudah kecanduan rokok berat bisa menurunkan kesuburan organ intimnya, sehingga bisa mengalami impotensi dan kemandulan. Sementara itu, perokok pasif tidak kalah mengerikan dampak buruk pada kesehatannya.
Penyakit kanker paru dan kanker kulit bisa diderita oleh siapapun. Apalagi khusus untuk wanita yang dapat menyebabkan keguguran janin bahkan penyakit kanker pada leher rahimnya.
Jadi, Anda harus berhati-hati setelah mengetahui dampak buruk merokok seperti yang diuraikan di atas. Bagi yang masih merokok, berhentilah sekarang juga. Jangan sampai terlambat hingga menderita berbagai penyakit berat.
Selain itu, Anda juga bisa menyebabkan penyakit kepada orang lain yang mungkin secara tidak sengaja menghirup asap rokok yang dihembuskan. Sangat mengerikan untuk dibayangkan, bukan?


Dampak Buruk Merokok bagi Orang Tua
Orang tua yang seharusnya melindungi dan memberikan contoh baik untuk buah hatinya, bukan sebaliknya. Orang tua yang merokok bisa menjadi contoh langsung bagi anak-anaknya untuk melakukan hal sama di kemudian hari.

Bahkan, Anda sebagai orang tua yang memiliki anak kecil sangat membahayakan kesehatan tubuhnya. Ada penyakit bernama sindrom kematian mendadak pada bayi yang sangat berbahaya.
Bayi Anda yang menghirup asap rokok bisa sesak napas hingga gagal pernapasan. Jika tidak segera ditangani dengan benar, dapat mengakibatkan kematian mendadak. Oleh karena itu, jangan sampai bayi atau anak kecil menghirup asap rokok di dalam atau di luar rumah.
Selain itu, anak-anak yang sudah sering menghisap asap rokok sejak kecil hingga beranjak remaja akan menghambat pertumbuhan paru-parunya. Atau yang paling masuk akal, yaitu dampak buruk merokok dapat menyerang organ paru-paru anak-anak.
Mulai dari sering batuk, sesak napas, bronkitis, hingga penyakit kanker yang bisa berakibat fatal dan kematian. Anda tentu tidak ingin anak-anak di rumah menderita penyakit seperti itu, bukan?
Maka dari itu, segera berhenti merokok sekarang juga. Anda dapat memulainya dengan mengurangi konsumsi rokok setiap hari. Dilanjutkan dengan disiplian yang kuat untuk tidak merokok atau bertemu dengan perokok pasif setiap hari.
Dengan begitu, Anda dapat berhenti merokok dan menjauhi barang tersebut secara bertahap. Namun yang terpenting, yaitu dampak buruk merokok yang mengerikan bisa Anda hindari bersama keluarga dan orang terdekat.