Kenali Makanan Pemicu Vertigo, Hindari agar Tidak Kambuh

 



Warta Sehat | Jakarta - Ada beberapa jenis makanan pemicu vertigo yang harus Anda kurangi konsumsinya atau bahkan hindari. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kambuhnya kondisi vertigo. Mungkin banyak yang menganggap bahwa vertigo merupakan suatu penyakit.
Padahal vertigo bukan penyakit, melainkan suatu gejala dari kondisi medis tertentu. Penyebab munculnya vertigo sangat beragam. Tapi, yang paling umum adalah BBPV atau benign paroxysmal positional vertigo, yaitu kelainan pada telinga dalam.
Meski begitu, vertigo akan hilang dengan sendirinya. Anda juga dapat mencegahnya dengan tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu kambuhnya vertigo. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Inilah 4 Makanan Pemicu Vertigo yang Harus Dihindari 

Gejala yang akan dirasakan saat terserang vertigo adalah rasa pusing luar biasa. Bahkan, Anda akan merasa ruangan di sekitar seperti berputar atau bergerak. Selain itu, Anda juga akan mengalami mual hingga muntah.
Beberapa makanan ada yang menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuh dan pusat keseimbangan dalam telinga. Hal ini yang menjadi penyebab utama makanan tersebut memicu kambuhnya vertigo.
Oleh sebab itu jika Anda memiliki riwayat vertigo, maka sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan tersebut. Melansir dari website resmi Alodokter, berikut makanan yang harus dihindari oleh pengidap vertigo.
1.    Makanan dengan Kadar Garam yang Tinggi
Makanan tinggi garam menjadi salah satu pemicu kambuhnya vertigo. Sebab, kandungan garam yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan tidak seimbangnya cairan karena adanya penahanan air berlebih.
Sehingga, vertigo dapat dengan mudah kambuh. Beberapa contoh makanan pemicu vertigo yang memiliki kandungan tinggi adalah makanan cepat saji, keju, makanan ringan, kecap asin, dan masih banyak lainnya.
Mulai sekarang, pastikan Anda membatasi konsumsi garam harian. Seperti yang Anda tahu bahwa rekomendasi asupan garam harian orang dewasa menurut WHO hanya 5 gram atau 1 sendok teh.
2.    Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi
Makanan dengan kadar gula yang tinggi menyebabkan fluktuasi cairan, khususnya di telinga. Hal ini dapat meningkatkan risiko kambuhnya vertigo, maka dari itu sebaiknya Anda mengenali dengan baik dan benar.
Beberapa contoh makanan pemicu vertigo yang tinggi gula di antaranya adalah madu, soda, kue, gula pasir, dan makanan manis lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi gula kompleks alami.

Misalnya saja gula yang terbuat dari kacang-kacangan, biji-bijian, atau sayuran. Sebagai informasi tambahan, rekomendasi konsumsi gula harian untuk orang dewasa hanya 50 gram per hari atau 4 sendok makan.
3.    Makanan dan Minuman Mengandung Kafein
Kafein merupakan senyawa stimula yang dapat Anda jumpai di beberapa jenis makanan dan minuman. Tapi yang paling populer adalah pada kopi, coklat, dan teh. Ini termasuk dalam penyebab adanya vertigo.
Senyawa ini dapat menyebabkan Anda lebih segar dan mencegah kantuk. Sayangnya, kafein menjadi salah satu makanan pemicu vertigo dan sakit kepala. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut dapat menyebabkan dehidrasi.
Sehingga, cairan dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menderita vertigo, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung senyawa tersebut.
Menurut FDA (Food and Drug Administration), rekomendasi konsumsi kafein harian untuk orang dewasa sekitar 400 mg atau setara dengan 4 gelas kopi. Lebih dari itu, akan berbahaya untuk tubuh Anda.
4.    Alkohol
Makanan pemicu vertigo berikutnya adalah yang mengandung alcohol seperti misalnya dalam minuman. Hal ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan tidak seimbangnya kondisi cairan tubuh.
Sehingga, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kambuhnya gejala vertigo. Beberapa contoh makanan yang tinggi kadar alkoholnya adalah durian, tape, dan minuman keras.
Vertigo memang sangat menyiksa penderitanya, oleh sebab itu Anda harus mencegahnya agar tidak kambuh. Salah satunya adalah dengan menghindari atau tidak mengonsumsi makanan pemicu vertigo seperti di atas.