Tips Membentuk Tulang Kuat pada Anak yang Efektif

Membentuk Tulang Kuat pada Anak
 

Warta Sehat | Jakarta - Sebagai orang tua, Anda harus memahami tips membentuk tulang kuat pada anak. Tujuannya agar mereka tumbuh dengan sehat dan kuat. Namun pembentukan tulang ini membutuhkan proses yang lama. Jadi Anda juga harus sabar saat menerapkan tips tersebut.
Dengan memiliki tulang yang kuat, anak Anda bisa beraktivitas dengan bebas. Terlebih lagi tulang yang kuat menjadi penunjang tumbuh kembangnya. Tentu saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kesehatan tulang anak.
Hal ini harus dilakukan sejak dini karena kepadatan serta kekuatan tulang akan terus Mengalami penurunan seiring dengan berjalannya waktu. Terlebih lagi ketika anak sudah melewati usia 20 tahun. Pembentukan tulang akan mengalami perlambatan yang sangat signifikan.


Tips Membentuk Tulang Kuat Pada Anak-anak
Kami kutip dari postingan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat 4 tips utama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kekuatan tulang anak.
Lakukan tips ini sejak dini agar dampaknya jauh lebih maksimal seperti berikut.


1. Berikan anak makanan tinggi kalsium
Tips membentuk tulang kuat pada anak yang pertama adalah memberikan makanan dengan kadar kalsium yang tinggi. Anda pasti tahu kalau tulang sangat membutuhkan kalsium untuk menjadi kuat. Kalsium ini juga membuat pertumbuhan tulang jauh lebih optimal.
Tentu saja konsumsi kalsium ini harus didukung oleh konsumsi nutrisi lain seperti vitamin D, zinc, protein, fosfor, magnesium, dan vitamin K. Ada banyak sekali contoh makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Tentunya kadar kalsium di dalam makanan ini juga sangat tinggi. Diantara makanan tersebut adalah susu, yoghurt, keju, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, telur, daging serta berbagai jenis buah dan sayuran.

2. Usahakan anak rutin berolahraga
Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga harus membiasakan anak agar rutin berolahraga. Ini merupakan tips membentuk tulang kuat lain yang tidak boleh disepelekan. Melakukan gerak aktif seperti olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.
Semakin sering digunakan, maka kemampuan tulang dan otot akan semakin tinggi. Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik untuk dilakukan. Di antaranya adalah berenang, bersepeda, berlari, berjalan kaki, aerobik dan berbagai jenis olahraga kardio lainnya.

3. Ajak anak berjemur
Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, salah satu penunjang kekuatan tulang adalah vitamin D. Untuk mendapatkan kadar vitamin D alami, kita semua bisa mendapatkannya dari sinar matahari pagi. Ini merupakan tips membentuk tulang kuat mudah untuk dilakukan.
Karenanya usahakan untuk mengajak anak rutin berjemur di pagi hari. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium pada organ tulang. Agar anak tidak mengalami paparan radiasi UltraViolet, Anda bisa menggunakan tabir surya pada kulitnya sebelum berjemur 

4. Batasi minuman berkafein
Kafein merupakan zat stimulan yang mampu merangsang aktivitas dan kinerja otak. Anda bisa dengan mudah menemukan kafein di kopi teh coklat dan minuman soda. Konsumsi kafein bisa membuat seseorang tidak mengantuk, waspada, dan mampu mengatasi rasa lelah.
Akan tetapi, jika dikonsumsi terlalu berlebihan, kafein ini tidak baik untuk kesehatan tulang. Kadar kafein yang terlalu tinggi akan menghambat penyerapan kalsium oleh tulang itu sendiri. Jika kondisi ini terjadi, tentu saja kepadatan dan kekuatan tulang akan berkurang.
Untuk menunjang kesehatan tulang anak Anda, pastikan juga memberikan asupan gizi seimbang. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin karena ini merupakan tips membentuk tulang kuat pada anak yang tidak boleh disepelekan.