Fakta-Fakta Tentang Kondom

 

Kondom

Warta Sehat | Jakarta - Kondom adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari lateks, poliuretan, atau bahan lain yang elastis dan tipis. Kondom dapat digunakan untuk mencegah kehamilan dan melindungi dari infeksi menular seksual (IMS) seperti HIV, gonore, dan klamidia.


Berikut adalah beberapa fakta tentang kondom:
1.    Kondom terbuat dari bahan yang elastis dan tipis, yang memungkinkan pergerakan bebas dan meningkatkan kenikmatan selama berhubungan seks. Tapi memang ada sebagian orang berpendapat bahwa memakai kondom dapat mengurangi kenikmatan selama berhubungan seks
2.    Kondom dapat digunakan oleh pria dan wanita. Jenis-jenis kondom memang ada untuk pria dan wanita, akan tetapi jumlah dari pemakai kondom lebih banyak pria, mungkin pemakaiannya sangat simple dan pas.
3.    Kondom memiliki tanggal kadaluwarsa dan sebaiknya dihindari penggunaan kondom yang sudah kadaluarsa. Selain itu kondom juga mudah rusak maka harus disimpan pada suhu ruangan yang tepat untuk menjaga kualitasnya.
4.    Penggunaan kondom yang benar dan teratur dapat mengurangi risiko kehamilan dan infeksi menular seksual. Inilah yang jadi penyebab banyaknya IMS bukan hanya karena penggunaan kondom yang tidak tepat tapi karena berganti-ganti pasangan atau  “suka jajan”.
5.    Kondom tidak 100% efektif dalam mencegah kehamilan atau infeksi menular seksual. Namun, penggunaannya masih dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran IMS. Cara pencegahan terbaik adalah setia kepada pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual diluar pernikahan.
6.    Ada berbagai jenis kondom, termasuk yang beraroma, berbentuk khusus, dan yang dilengkapi dengan lubrikan tambahan. Ada yang pernah coba rasa strawberry dan bergerigi?
7.    Kondom dapat dibeli di apotek, toko kelontong, atau toko khusus yang menjual produk kesehatan seksual.
8.    Kondom dapat digunakan bersama dengan metode kontrasepsi lain, seperti pil KB atau suntik. Jika sudah menggunakan Pil KB atau Suntik kenapa harus memakai kondom? Agar 100%
9.    Kondom tidak dapat digunakan kembali dan harus dibuang setelah digunakan. Semua jenis kondom hanya sekali pakai dan tidak boleh digunakan 2 kali atau berkali-kali, karena dapat membahayakan pasangan anda.
10.    Kondom juga dapat digunakan untuk melindungi dari penyakit menular yang tidak berhubungan dengan seks, seperti penyakit menular melalui darah.


Dari fakta-fakta tersebut bahwa kondom sangat mudah didapatkan, tidak 100% efektif untuk mencegah kehamilan dan juga melindungi dari IMS namun masih dianggap sebagai salah satu cara terbaik. Cara terbaik untuk mencegah IMS adalah setia pada pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual diluar nikah.