Ada Kelas Internasional di Poltekkes Kemenkes

 


Warta Sehat | Jakarta - Kemenkes menyelenggarakan pendidikan regular sesuai standar nasional pendidikan yang mengacu pada standar internasional. Pelaksanaannya dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi bertaraf internasional dengan pengantar bahasa Inggris dan bahas lainnya seperti bahasa Jerman, Belanda dan Jepang.

Menkes Budi memberikan tugas kepada 38 Poltekkes Kemenkes untuk melakukan transformasi guna meningkatkan kualitas tenaga kesehatan dan menghasilkan lulusan yang terstandar dan diakui kompetensinya untuk bekerja di luar negeri.

Kelas internasional bertanggung jawab terhadap tantangan pelayanan kesehatan di era global, terutama bagi program studi keperawatan untuk dapat bekerja di pelayanan kesehatan yang bertaraf internasional baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan dari kelas internasional adalah untuk menyiapkan institusi pendidikan keperawatan yang memiliki sumber daya dan proses pembelajaran yang memenuhi standar mutu internasional.

Sebagai implementasi perbaikan kualitas pendidikan di Poltekkes dilakukan peningkatan kapasitas dosen untuk mengajar di kelas internasional dalam bahasa Inggris yang bekerja sama dengan WHO Indonesia.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan pada kegiatan Edu Health Fair 2023 berkesempatan melakukan live podcast dengan salah satu mitra kelas internasional yaitu Ulrike Dri├čner, Deputy Director and Director of Language Programmes Southeast Asia/Australia/New Zealand dari Goethe Institut.

Dalam bincangnya Ulrike mengatakan bahwa Goethe Institut berkontribusi membangun kelas
internasional dengan memasukkan program bahasa Jerman dalam program keperawatan yang
dimulai hari ini di Poltekkes Bandung dan Poltekkes Jakarta 3

Selanjutnya akan mengintegrasikan bahasa Jerman selama masa pendidikan di Poltekkes. Goethe juga akan membangun program bahasa khusus, lalu akan membandingkan program keperawatan Indonesia dengan program keperawatan Jerman. 

Sumber: Sehat Negeriku