Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Melalui Kegiatan Pilah-Pilih Sampah


 

Warta Sehat | Bogor - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari catur darma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen. Tim dosen Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) melakukan kegiatan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Almadani Gunungsari, Citeureup, yang sebagai ketua Ibu Dr. Meitiyani, M.Si dan bapak Agus Pambudi Dharma, M.Si (Dosen Pendidikan Biologi UHAMKA) dan bapak Mushoddik, M.Pd (Dosen Pendidikan Geografi UHAMKA sebagai anggota tim dosen.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Almadani Gunungsari, Citeureup, Bogor. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah, bapak Syarif Muzanni, S.Psi., M.Pd. dan Ibu Lintang, S.Pd sebagai Guru IPA. Pada sambutannya, bapak Syarif menyampaikan rasa senang dan bahagia atas kehadiran tim dosen FKIP UHAMKA dalam melakukan kegiatan pelatihan bagi peserta didiknya agar siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memilah sampah.

Sampah merupakan suatu barang yang sudah tidak terpakai atau tidak dimanfaatkan oleh manusia. Jumlah sampah yang terbanyak di masyarakat yaitu sampah organik. Hal ini diduga disebabkan dari sampah rumah tangga yang di produksi oleh masyarakat dari sisa makanan dan dedaunan yang jatuh dari dahan.

Sampah organik dapat berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia, jika tidak dikelola dengan baik. “ujar”, agus
Sampah anorganik merupakan barang yang tidak terpakai kembali dan secara alami proses penguraiannya membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pelatihan pilah pilih sampah agar peserta didik mempunyai pengetahuan dan keterampilan memilih sampah organik dan anorganik ke tempat sampah yang berbeda sesuai dengan karakteristik sampahnya. Pemilahan sampah ini mempermudah peserta didik dalam proses pengolahan sampah dikemudian hari agar lebih tepat dan bermanfaat bagi lingkungan. “tambah Agus”.